UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA POKOK BAHASAN SISTEM EKSKRESI MELALUI METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI MADRASAH ALIYAH MA’AHID KUDUS TAHUN AJARAN 2007/2008

HIKMAWATI, Farida (2008) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA POKOK BAHASAN SISTEM EKSKRESI MELALUI METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI MADRASAH ALIYAH MA’AHID KUDUS TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420040056.pdf

Download (52kB)
[img] PDF
A420040056.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru hendaknya dapat memilih dan menggunakan beberapa metode pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah metode kontekstual guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Ma’ahid Kudus Tahun Ajaran 2007/2008. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Ma’ahid Kudus yang berjumlah 23 siswa, sebagai pelaksana adalah peneliti yang dibantu oleh guru biologi kelas XI IPA dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes yang diperoleh dari setiap akhir tindakan. Analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode kontekstual. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata – rata hasil belajar siswa sebesar 6,70 dan mengalami pengikatan pada siklus I sebesar 7,43, siklus II sebesar 8,78 dan siklus III sebesar 9,09. Sedangkan untuk aspek afektif mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 27,61 (kurang berminat), siklus II sebesar 34,74 (cukup berminat) dan siklus III sebesar 44,43 (berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Hasil Belajar Biologi, Metode Pembelajaran Kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 04 Jun 2009 08:45
Last Modified: 17 Nov 2010 01:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2114

Actions (login required)

View Item View Item