Permadani, Anggita (2012) Pembelajaran Matematika Melalui Structured Dyadic Methods Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa (PTK di Kelas XI AK SMK Prawira Marta Kartasura Tahun Ajaran 2011/ 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
cover.pdf Download (789kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
|
PDF (Naskah Publkasi)
naskah_publikasi.pdf Download (265kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
Abstract
Tujuan penelitian, untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui Structured Dyadic Methods pada pokok bahasan peluang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas XI SMK Prawira Marta Kartasura yang berjumlah 26 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah kemampuan komunikasi matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian : Ada peningkatan kemampuan komunikasi matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator kemampuan komunikasi matematika meliputi: 1) antusias berbicara sebelum tindakan 23,1%, siklus I 30,7%, siklus II 53,8% dan siklus III 69,2 %, 2) antusias menulis sebelum tindakan 30,7%, siklus I 42,3%, siklus II 65,3% dan siklus III 73,1%, 3) kemampuan menggambar sebelum tindakan 19,2%, siklus I 34,6%, siklus II 50,0% dan siklus III 69,2%, 4) kemampuan menjelaskan konsep-konsep sebelum tindakan 38,4%, siklus I 46,1%, siklus II 76,9% dan siklus III 84,6%. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan Structured Dyadic Methods dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi, Peluang , Structured Dyadic Methods |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 12 Nov 2012 11:40 |
Last Modified: | 12 Nov 2012 12:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21136 |
Actions (login required)
View Item |