Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Model Treffinger Dan Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question (Lsq) Ditinjau Dari Keaktifan Siswa“ (Eksperimen Pada Siswa Kelas Vii Mts Negeri Plupuh Sragen).

Handayani, Denny Ratna (2012) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Model Treffinger Dan Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question (Lsq) Ditinjau Dari Keaktifan Siswa“ (Eksperimen Pada Siswa Kelas Vii Mts Negeri Plupuh Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
cover.pdf

Download (740kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (223kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis, (1) pengaruh model Treffinger dan pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question (LSQ) terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) efek interaksi antara model Treffinger dan pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question (LSQ) ditinjau dari keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Plupuh Sragen. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa, yang terdiri dari 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara model Treffinger dan pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question (LSQ) terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai FA = 13,394, (2) tidak ada pengaruh yang signifikan antara keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai FB= 0,142, (3) tidak ada interaksi penggunaan model Treffinger dan pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question (LSQ) ditinjau dari keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai FAB= 0,134.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Treffinger,LSQ, Keaktifan Siswa, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 12 Nov 2012 11:05
Last Modified: 12 Nov 2012 11:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21125

Actions (login required)

View Item View Item