Raina, Candra Surya (2012) Pemanfaatan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa (Ptk Di Kelas Vii Semester I Smp N 1 Sigaluh Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (751kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (64kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (430kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa dengan memanfaatkan macromedia flash. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa SMP N 1 Sigaluh yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pemanfaatan macromedia flash dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari : 1) Keaktifan siswa dalam bertanya sebelum dilakukan tindakan sebesar 16,667% dan di akhir tindakan mencapai 41,667%, 2) Keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum dilakukan tindakan sebesar 20,833% dan di akhir tindakan mencapai 54,167%, 3) Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 12,500%dan diakhir tindakan mencapai 50,000%,4) Hasil belajar siswa yang memenuhi KKM sebesar 6,50 sebelum dilakukan tindakan adalah 70,8333%dan di akhir tindakan mencapai 91,667%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan macromedia flash dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemanfaatan macromedia flash, keaktifan siswa, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 12 Nov 2012 10:48 |
Last Modified: | 12 Nov 2012 10:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21120 |
Actions (login required)
View Item |