Wulandari, Liya Catur (2012) Usaha Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Tugas Terstruktur. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
1.Halaman_Depan_Lengkap.pdf Download (958kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2.BAB_I.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Bab II)
3.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
||
PDF (Bab III)
4.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
PDF (Bab IV)
5.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
PDF (Bab V)
6.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
7.Daftar_Pustaka.pdf Download (76kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
10.Naskah_Publikasi.pdf Download (612kB) |
|
PDF (Lampiran)
8.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun datar setelah dilakukan pembelajaran melalui tugas terstruktur. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Teras, Boyolali yang berjumlah 33 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII E. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian (1) peningkatan kemandirian belajar matematika dapat dilihat dari meningkatnya indikator kemandirian belajar matematika yang meliputi: a) kemampuan menyelesaikan tugas individu sebelum tindakan 30,30%, putaran I 36,36%, putaran II 42,42% dan di akhir tindakan 54,54%, b) kemampuan mengerjakan soal maju di depan kelas sebelum tindakan 12,12%, putaran I 18,18%, putaran II 24,24% dan di akhir tindakan 33,33%, (2) peningkatan hasil belajar matematika yang memperoleh nilai ≥75 sebelum tindakan 33,33%, putaran I 39,39%, putaran II 45,45%, dan diakhir tindakan 57,57%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan tugas terstruktur dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tugas terstruktur, kemandirian, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 12 Nov 2012 10:39 |
Last Modified: | 12 Nov 2012 13:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21118 |
Actions (login required)
View Item |