Analisis soal-soal Ulangan Akhir Semester matematika kelas IX SMP Negeri 2 Wonosari ditinjau dari Aspek Kognitif Tahun Ajaran 2010/2011 dan 2011/2012

Aningtyas, Kartika Dwi (2012) Analisis soal-soal Ulangan Akhir Semester matematika kelas IX SMP Negeri 2 Wonosari ditinjau dari Aspek Kognitif Tahun Ajaran 2010/2011 dan 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
1.halaman_depan.pdf

Download (847kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2.Bab_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
3.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab III)
4.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab IV)
5.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] PDF (Bab V)
6.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
7.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
10.naskah_publikasi.pdf

Download (824kB)
[img] PDF (Lampiran)
8.lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan soal-soal Ulangan Akhir Semester ditinjau dari aspek kognitif dan distraktor yang terdapat pada soal bentuk pilihan ganda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumenter. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif yaitu mendiskripsikan tiap butir soal berdasarkan aspek kognitif. Hasil penelitian adalah pada soal Ulangan Akhir Semester Gasal Tahun Ajaran 2010/2011 persentase aspek mengingat pada soal sebesar 11,11 %, aspek memahami sebesar 13,33%, aspek mengaplikasikan sebesar 62,22%, aspek menganalisis sebesar 13,33%. Untuk soal Ulangan Akhir Semester Gasal Tahun Ajaran 2011/2012 persentase aspek mengingat sebesar 11,11%, aspek memahami sebesar 8,89%, aspek mengaplikasikan sebesar 64,44%, aspek menganalisis sebesar 15,56%. Pada Ulangan Akhir Semester Gasal Tahun Ajaran 2010/2011 distraktor karena kesalahan fakta (D1) memiliki persentase sebesar 2,50%, distraktor karena kesalahan konsep (D2) sebesar 22,5%, distraktor karena kesalahan prinsip (D3) sebesar 47,5% dan distraktor karena kesalahan ketrampilan (D4) sebesar 27,5%. Selanjutnya pada Ulangan Akhir Semester Gasal Tahun Ajaran 2011/2012 distraktor karena kesalahan fakta (D1) memiliki persentase sebesar 5,55%, distraktor karena kesalahan konsep (D2) sebesar 38,89%, distraktor karena kesalahan prinsip (D3) yaitu sebesar 38,89% dan distraktor karena kesalahan ketrampilan (D4) sebesar 16,67%. Kesimpulan penelitian ini adalah soal mengaplikasikan merupakan soal yang paling banyak terdapat pada soal Ulangan Akhir Semester sedangkan distraktor pada soal berbentuk pilihan ganda terbanyak adalah distraktor karena kesalahan prinsip.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek-kognitif, distraktor, kesalahan-dalam-matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 12 Nov 2012 10:32
Last Modified: 12 Nov 2012 10:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21116

Actions (login required)

View Item View Item