Pemakaian Diksi Pada Karangan Pidato Siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas VII SMP Negeri 2 Simo

Nugraha, Fery Kusuma (2012) Pemakaian Diksi Pada Karangan Pidato Siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas VII SMP Negeri 2 Simo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (321kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (149kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan bahasa para siswa dalam karangan, apakah mereka menggunakan diksi atau pemilihan kata bahasa yang mereka gunakan sehari-hari, dalam karangan tersebut serta faktorfaktor apa yang menjadi faktor terjadinya penggunaan kata bersinonim dan bentuk perubahan makna karangan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk pemakaian kata bersinonim dan mendeskripsikan bentuk perubahan makna pada karangan pidato siswa SMP Negeri 2 Simo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan cara mendeskripsikan bentuk-bentuk serta penyebab terjadinya pemakaian kata bersinonim dan bentuk perubahan makna pada karangan pidato siswa SMP Negeri 2 Simo. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan studi pustaka, metode simak, kemudian teknik lanjutan yaitu teknik catat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis interaktif dengan cara mereduksi data, menyajikan data, serta verivikasi data untuk menentukan wujud pemakaian kata bersinonim dan menentukan bentuk perubahan makna pada karangan pidato siswa. Metode padan intralingual langsung membandingkan unsur-unsur yang bersifat lingual untuk menentukan wujud pemakaian kata bersinonim dan bentuk perubahan makna. Dalam penelitian ini terdapat beberapa kesimpulan. Wujud penggunaan diksi pada karangan siswa. Wujud ketidaktepatan diksi adalah sebagai berikut : menyampaikan, minta, semua, giat, berjumpa, menggapai, kita, rekan-rekan, cuma, menimba, membimbing. Wujud ketepatan pemakaian diksi yang diperoleh adalah sebagai berikut : mengucapkan, mohon, seluruh, rajin, bertemu, meraih, kami, teman-teman, hanya, menuntut, mendidik. Faktor ketidaktepatan penggunaan diksi di karangan siswa SMP Negeri 2 Simo sangat kurang, hal ini disebabkan penggunaan bahasa sehari-hari, terpengaruh bahasa sms( Short mesegge servise) terlihat banyak kata yang ditulis singkatan, kurang memehami Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Wujud pemakaian diksi pada karangan pidato siswa ini mayoritas ditandai dengan penggunaan diksi yang berupa kata bersinonim dan selain penggunaan kata bersinonim juga ditandai dengan perubahan makna yang berbentuk perluasan arti : bapak, ibu, adik, kepala, orang tua, kakak, siswa dan penyempitan arti : guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: diksi, kata bersinonim, perubahan makna
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 12 Nov 2012 07:39
Last Modified: 12 Nov 2012 07:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21106

Actions (login required)

View Item View Item