Putra, Faundra Purnama (2012) Analisis dan Koreksi Kesalahan Penalaran Pada Penggunaan Bahasa Papan Peringatan di Wilayah Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (15MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (163kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (14MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang wujud kesalahan penalaran penggunaan bahasa pada papan peringatan di tempat umum maupun di jalan raya khususnya di wilayah kota Surakarta serta memaparkan bentuk pembenaran atau kalimat yang bernalar pada papan peringatan yang mengalami kesalahan penalaran dengan menyertakan alasan bahwa kalimat tersebut bernalar dan logis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode simak dan dokumentasi yakni dengan cara menyimak beberapa tulisan yang tertulis pada papan peringatan kemudian dari beberapa papan peringatan tersebut yang mengalami kesalahan penalaran dalam penggunaan bahasanya selanjutnya akan dilakukan metode dokumentasi dengan cara memotret beberapa papan peringatan di tempat- tempat umum maupun di jalan raya yang mengalami kesalahan penalaran penggunaan bahasa. Dari beberapa papan peringatan yang ada di wilayah kota Surakarta yang dapat di analisis dalam penelitian ini terdapat sebanyak 12 data yang diambil dari beberapa papan peringatan yang mengalami kesalahan penalaran di wilayah kota Surakarta, kemudian dari 12 data tersebut diklasifikasikan menurut penyebab atau wujud kesalahan penalarannya berdasarkan pelesapan subjek dan predikat terdiri dari 6 data, pelesapan kalimat inti terdiri dari 4 data dan penggunaan kata (diksi) sebanyak 2 data. Peneliti dapat menganalisis dari data yang diperoleh berdasarkan penyebab serta wujud kesalahan pada aspek penalarannya secara deskriptif dan setiap data yang telah dianalisis kesalahannya kemudian dilakukan pemaparan atau pembenaran, dari hasil data dan analisis sedikitnya terdapat 1 kalimat pembenaran sehingga kalimat akan menjadi kalimat yang bernalar dan logis.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesalahan penalaran, papan peringatan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 09 Nov 2012 07:05 |
Last Modified: | 09 Nov 2012 07:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21059 |
Actions (login required)
View Item |