LESTARI, IKE PUJI (2012) Realisasi Tindak Tutur Direktif Pada Wacana Pembukaan Proses Belajar-Mengajardi Kalangan Anak Smp Di Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (196kB) |
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (109kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif padawacana pembukaan proses belajar-mengajar di kalangan anak SMP PGRI 13 Plupuh dan SMP 2 Negeri Karangmalang Sragen tahun ajaran 2011/2012, (2) mendeskripsikan strategi tindak tutur direktif padawacana pembukaan proses belajarmengajar di kalangan anak SMP PGRI 13 Plupuh dan SMP 2 Negeri Karangmalang Sragen tahun ajaran 2011/2012. Data pada penelitian ini berupa, tuturan direktif pada wacana pembukaan proses belajar-mengajar guru SMP kelas VII. Sumber data penelitian ini berupa wacana pembukaan proses belajar-mengajar guru kelas VII SMP PGRI 13 Plupuh dan SMP 2 Negeri Karangmalang Sragen tahun ajaran 2011/2012. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) bentuk tuturan direktif pada wacana pembukaan proses belajar-mengajar di kalangan anak SMP PGRI 13 Plupuh dan SMP 2 Negeri Karangmalang Sragen tahun ajaran 2011/2012 sejumplah 72 data tuturan direktif dengan kategoti TTD memerintah 49%, meminta 12,5%, mengajak 8%, memberi nasihat 17%, menegur 8% , dan melarang 5,5%, (2) strategi tuturan direktif yang digunakan pada wacana pembukaan proses belajar-mengajar di kalangan anak SMP PGRI 13 Plupuh dan SMP 2 Negeri Karangmalang Sragen tahun ajaran 2011/2012adalah strategi tuturan direktif langsung 51% dan tak langsung 49% dengan modus tanya, perintah, dan berita.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tindak tutur direktif, strategi tindak tutur direktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 08 Nov 2012 11:40 |
Last Modified: | 08 Nov 2012 12:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21044 |
Actions (login required)
View Item |