Purwani, Ida (2012) Perbandingan Materi Kemampuan Bersastra Dalam Buku Teks Bahasa Dan Sastra Indonesia SMP Kelas VIII Terbitan Erlangga. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (528kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (70kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Baa IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (113kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (962kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (306kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kesesuaian materi kemampuan bersastra dalam buku teks Bahasa Indonesia karya Nurhadi, Dawud dan Yuni Pratiwi dengan standar isi, materi, dan evaluasi, (2) mendeskripsikan kesesuaian materi kemampuan bersastra dalam buku teks Bahasa Indonesia karya E, Kokasih dan Restuti dengan standar isi, materi, dan evaluasi, (3) mendeskripsikan kesesuaian materi kemampuan bersastra dalam buku teks Bahasa Indonesia karya Saefudin, Haryanto dan Hadi Sunaryo dengan standar isi, materi, dan evaluasi, (4) menemukan perbandingan materi kemampuan bersastra dalam ketiga buku teks terbitan erlangga tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah materi kemampuan bersastra Data penelitian ini adalah kata, frase, kalimat materi kemampuan bersastra pada buku teks. Sumber data penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia karya Nurhadi-Dawud-Yuni Pratiwi, E. Kokasih-Restuti, dan Saefudin-Haryanto-Hadi Sunaryo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, pilah dan catat. Teknik analisis data menggunakan teknik penelitian komparasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kesesuaian dengan Standar Isi buku Nurhadi, Dawud dan Yuni Pratiwi memiliki kesesuaian sebesar 94,1%, kurang sesuai 5,9%. Buku E. kokasih dan Restuti memiliki kesesuaian sebesar 52,9%, kurang sesuai sebesar 35,3%, tidak sesuai 11,8%. Buku Saefudin, Haryanto dan Hadi Sunaryo memiliki kesesuaian sebesar 88,2%, kurang sesuai 11,8%. Kesesuaian dengan materi buku Nurhadi, Dawud dan Yuni Pratiwi memiliki kesesuaian sebesar 35,2%, kurang sesuai sebesar 29,4%, tidak sesuai sebesar 35,4%. E. Kokasih dan Restuti memiliki kesesuaian sebesar 52,9%, kurang sesuai 35,3%, tidak sesuai sebesar 11,8%. Saefudin, Haryanto dan Hadi Sunaryo memiliki kesesuaian sebesar 47,1%., kurang sesuai 17,6%, tidak sesuai 35,3%. Kesesuaian dengan evaluasi buku Nurhadi, Dawud dan Yuni Pratiwi memiliki kesesuaian sebesar 76,5%, kurang sesuai 23,5%. E. Kokasih dan Restuti memiliki kurang sesuai sebesar 70,6%, tidak sesuai sebesar 29,4%. Saefudin, Haryanto dan Hadi Sunaryo memiliki kesesuaian sebesar 70,6%, kurang sesuai sebesar 29,4%. Hasil penelitian ini menghasilkan buku teks yang paling baik adalah buku teks karya Nurhadi, Dawud dan Yuni Pratiwi selanjutnya adalah buku karya Saefudin, Haryanto dan Hadi Sunaryo dan kemudian karya E. Kokasih dan Restuti. Berdasarkan analisis tersebut, kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah ketiga buku bahasa Indonesia untuk SMP kelas VIII terbitan Erlangga dapat digunakan sebagai pedoman pembelajaran bagi guru dengan rata-rata penilaian kesesuaian sebesar 57, 5%, kurang sesuai 28,8% dan tidak sesuai 13,7%
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Materi Kemampuan Bersastra, Buku Teks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Nov 2012 07:46 |
Last Modified: | 08 Nov 2012 07:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21024 |
Actions (login required)
View Item |