Implementasi Nilai Persatuan dan Demokrasi pada Pertemuan Rutin Warga Studi Kasus di Dukuh Morodipan, Desa Gonilan Kartasura

Susetiadi, Redi (2012) Implementasi Nilai Persatuan dan Demokrasi pada Pertemuan Rutin Warga Studi Kasus di Dukuh Morodipan, Desa Gonilan Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (455kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (133kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
10._Naskah_Publikasi.pdf

Download (215kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi nilai persatuan dan nilai demokrasi pada pertemuan rutin warga Morodipan RT.03 RW.01 Desa Gonilan, Kartasura. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskripstif melalui pendekatan kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian memperlihatkan implementasi nilai persatuan yang meliputi toleransi, kegotongroyongan, kesetiakawanan, dan tenggang rasa, memang sudah terlaksana dalam kehidupan masyarakat Morodipan RT.03 RW.01 Desa Gonilan. Hal tersebut dapat dilihat dari sikap aktif warga dalam kegiatan RT dan dukuh, rasa kekeluargaan, serta toleransi antarwarga. Selanjutnya implementasi nilai demokrasi yang mencakup menyelesaikan perselisihan secara damai, pergantian pimpinan secara teratur, membatasi penggunaan kekerasan seminimal mungkin, serta mengakui dan menghargai adanya keanekaragaman, juga sudah terimplementasi. Hal tersebut dapat dilihat dari kerja sama warga, cara mengambil keputusan, menanggapi pendapat, dan pergantian ketua RT. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai persatuan dan demokrasi memang sudah terlaksana di Dukuh Morodipan RT.03 RW.01 Desa Gonilan, Kartasura. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi nilai persatuan dan nilai demokrasi pada pertemuan rutin warga Morodipan RT.03 RW.01 Desa Gonilan, Kartasura. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskripstif melalui pendekatan kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian memperlihatkan implementasi nilai persatuan yang meliputi toleransi, kegotongroyongan, kesetiakawanan, dan tenggang rasa, memang sudah terlaksana dalam kehidupan masyarakat Morodipan RT.03 RW.01 Desa Gonilan. Hal tersebut dapat dilihat dari sikap aktif warga dalam kegiatan RT dan dukuh, rasa kekeluargaan, serta toleransi antarwarga. Selanjutnya implementasi nilai demokrasi yang mencakup menyelesaikan perselisihan secara damai, pergantian pimpinan secara teratur, membatasi penggunaan kekerasan seminimal mungkin, serta mengakui dan menghargai adanya keanekaragaman, juga sudah terimplementasi. Hal tersebut dapat dilihat dari kerja sama warga, cara mengambil keputusan, menanggapi pendapat, dan pergantian ketua RT. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai persatuan dan demokrasi memang sudah terlaksana di Dukuh Morodipan RT.03 RW.01 Desa Gonilan, Kartasura.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Nilai Persatuan, Nilai Demokrasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 07 Nov 2012 11:53
Last Modified: 07 Nov 2012 12:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21013

Actions (login required)

View Item View Item