SETYANINGSIH , ENI (2012) Pengaruh Proporsi Waktu Belajar Dan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Hal depan)
03.HALAMAN_JUDUL.pdf Download (924kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
|
PDF (Dapus)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (828kB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (687kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Adanya pengaruh proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. 2 Adanya pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. 3) Adanya pengaruh proporsi waktu belajar dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambirejo Sragen yang berjumlah 240 Siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 120 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 72,372 + 0, 220 X1 + 0, 187 X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh proporsi waktu belajar dan media pembelajaran. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada pengaruh proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2011/2012” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,862> 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,005 dengan sumbangan efektif sebesar 22,1%. 2) “ Ada pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2011/2012” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,419 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,007 dengan sumbangan efektif sebesar 18,59%. 3) “ Ada pengaruh proporsi waktu belajar dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2011/2012” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 11,747 > 3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,407 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh proporsi waktu belajar dan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi ekonomi siswa adalah sebesar 40,7%, sedangkan 59,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prestasi belajar, proporsi waktu belajar, media pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 07 Nov 2012 11:10 |
Last Modified: | 07 Nov 2012 11:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21003 |
Actions (login required)
View Item |