ALFIANTI, ALFIANTI (2012) Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Prestasi Belajar Siswa Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Pada Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Hal depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (724kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Dapus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (79kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (672kB) |
Abstract
Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui: 1) Untuk mengetahui adakah pengaruh prestasi belajar siswa terhadap minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sragen TahunAjaran 2011/2012. 2) Untuk mengetahui adakah pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 SragenTahunAjaran 2011/2012. 3) Untukmengetahuiadakahpengaruhprestasibelajarsiswadan status sosialekonomi orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 SragenTahunAjaran 2011/2012. Penelitianinitermasukjenispenelitiandeskriptifkuantitatifdenganpenarikankesimpulan melaluianalisisstatistik. Populasidalampenelitianiniadalahsemuasiswakelas XI IPS SMA Negeri 2 Sragentahunajaran 2011/2012. Sampel diambil sebanyak adalah 90 siswa.Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diujivaliditas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisisregresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dansumbanganrelatifdanefektif. Hasilanalisisregresimemperolehpersamaangarisregresi: Y = 71,999 + 0, 338 X1+ 0,195 X2. Persamaanmenunjukkanbahwaminatsiswadipengaruhiolehprestasibelajarsiswadan status sosialekonomi orang tua.Kesimpulan yang diambiladalah: 1) ”Ada prestasi belajar siswa terhadap minatsiswamelanjutkanstudikePerguruanTinggipadasiswakela s XI IPS SMA Negeri 2 SragenTahunAjaran 2011/2012” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 3,515 >2,000 dan nilai signifikansi< 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan efektif sebesar 31,56%. 2) “Adapengaruh status sosialekonomi orang tuaterhadapminatsiswamelanjutkanstudikePerguruanTinggipadasiswakelas XI IPS SMA Negeri 2 SragenTahunAjaran 2011/2012 ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 2,257 >2,000 dan nilai signifikansi< 0,05, yaitu 0,004 dengansumbanganefektifsebesar 22,64%. 3) “Adapengaruhprestasibelajarsiswadan status sosialekonomi orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi kePerguruan Tinggi padasiswakelas XI IPS SMA Negeri 2 SragenTahunAjaran 2011/2012 ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 12,493>3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,542 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh prestasi belajar siswa dan status sosial ekonomi orang tua secara bersama-sama terhadap minat siswa adalah sebesar 54,2%, sedangkan 45,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prestasi belajarsiswa, status sosial ekonomi orang tua, minat siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Nov 2012 11:01 |
Last Modified: | 07 Nov 2012 13:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20993 |
Actions (login required)
View Item |