Utami, Desi Prasinta (2012) Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Ditinjau Dari Frekuensi Latihan Soal Dan Perhatian Siswa Dalam Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI Ips SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (270kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (49kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (251kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui pengaruh frekuensi latihan soal dan perhatian siswa dalam pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi. 2) Mengetahui pengaruh frekuensi latihan soal terhadap hasil belajar akuntansi. 3) Mengetahui pengaruh perhatian siswa dalam pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngemplak yang jumlahnya 102 siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 40 Siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 51,070 + 0,422X1 + 0,167X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar akuntansi dipengaruhi oleh variabel frekuensi latihan soal dan perhatian siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) “Ada pengaruh frekuensi latihan soal terhadap hasil belajar akuntansi”. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) yang diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,463 > 2,042 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,019 dengan sumbangan efektif sebesar 22,9%. 2) “Ada pengaruh perhatian siswa dalam pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi”. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) yang diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,097 > 2,042 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,034 dengan sumbangan efektif sebesar 1,4%. 3) “Ada pengaruh frekuensi latihan soal dan perhatian siswa dalam pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi”. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) yang diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 5,097 > 3,320 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,243 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh frekuensi latihan soal dan perhatian siswa terhadap hasil belajar akuntansi siswa adalah sebesar 24,3%, sedangkan 75,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | variabel frekuensi latihan soal, perhatian siswa, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Nov 2012 07:03 |
Last Modified: | 07 Nov 2012 07:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20987 |
Actions (login required)
View Item |