KusWandari, Fajar Tri (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses embelajaran Ekonomi Pada Siswa XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (674kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (106kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (68kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (568kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa metode Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dan meningkatkan pemahaman belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi melalui metode Everyone Is A Teacher Here. Penelitian menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Sragen tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, catatan lapangan, metode dokumentasi. Teknik analisiss data penelitian ini adalah dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan (verifikasi) Hasil penelitian ini yaitu penerapan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here upaya meningkatkan keaktifan siswa kelas XI IPS Sma Muhammadiyah 1 Sragen tahun ajaran 2011/2012. Hal ini didukung oleh fakta-fakta sebagai berikut: Keaktifan belajar siswa pada kondisi awal yang bertanya 17 siswa (62,9%), yang menjawab pertanyaan 8 siswa (29,6%), yang mengeluarkan pendapat 9 siswa (33,3%) . setelah dilaksanakan tindakan siklus 1 siswa yang bertanya menjadi 20 siswa (74,0%), yang menjawab pertanyaan 17 siswa (62,9%), yang mengeluarkan pendapat 18 siswa ( 66,6%). Setelah dilaksanakan tindakan siklus II meningkat siswa yang bertanya menjadi 25 siswa (92,5%), yang menjawab pertanyaan 26 siswa (96,2%), yang mengeluarkan pendapat 24 siswa (88,8%)
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Everyone Is A Teacher Here, Keaktifan belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Nov 2012 04:53 |
Last Modified: | 07 Nov 2012 04:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20971 |
Actions (login required)
View Item |