Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ipa Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri Growong Kidul 02 Kecamatan Juwana Pati Tahun 2012/2013

Siwi, Siwi (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ipa Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri Growong Kidul 02 Kecamatan Juwana Pati Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf

Download (307kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi_siwi.pdf

Download (460kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar melalui media audio visual. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Growong Kidul 02 yang berjumlah 28 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa, data guru selaku peneliti, dan data keaktifan siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, tes dan catatan lapangan. Prosedur penelitian terdiri dari kondisi awal, siklus I, siklus II. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas belajar siswa. Adapun peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilihat dari perolehan keaktifan dan nilai siswa yang meningkat dari prasiklus keaktifan siswa mencapai 35,7 % dengan KKM 28,6 %, keaktifan siswa siklus I mencapai 62,5 % dengan KKM 53,6 %, Keaktifan siswa Siklus II mencapai 98,2 % dengan KKM 96,4 %. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan media audio visual dapat meningkatkan kualitas belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Growong Kidul 02.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas-belajar, media–audio,visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2012 12:04
Last Modified: 05 Nov 2012 12:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20966

Actions (login required)

View Item View Item