PRANOTO, SEPTIAN DWI (2012) Pemanfaatan Media Karikatur Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas Viii A Smp Bhinneka Karya Musuk Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (546kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (59kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
||
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_ILMIAH.pdf Download (132kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik kelas VIII A SMP Bhinneka Karya Musuk Boyolali dalam pembelajaran menulis cerpen dengan media karikatur (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis cerpen peserta didik kelas VIII A SMP Bhinneka Karya Musuk Boyolali dengan media karikatur. Penelitian ini berbentuk Penelitian tindakan Kelas (PTK). Data penelitian ini menggunakan data kualitatif yaitu data yang terkumpul berupa data kata-kata yang terdapat dari lapangan saat melakukan penelitian pada peningkatan kemampuan menulis cerpen dengan media karikatur pada peserta didik kelas VIII A SMP Bhinneka Karya Musuk Boyoalali. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan atau narasumber dari guru dan siswa kelas VIII A SMP Bhinneka Karyan Musuk Boyolali melalui teknik wawancara untuk mendapatkan data atau informasi-informasi kegiatan KBM yang diadakan di dalam kelas, dokumen tentang kegiatan pembelajaran, data awal sebelum tindakan penelitian, dan hasil observasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunkan media karikatur dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan peserta didik. Keaktifan siswa dalam pembelajaran meningkat pada prasiklus hanya 5 siswa atau 20%, siklus I menjadi 8 siswa atau 32%, dan pada siklus II menjadi 12 siswa atau 48% siswa yang aktif bertanya. Kemampuan siswa mengerjakan tugas dengan baik pada prasiklus hanya 4 siswa atau 16%, siklus I 19 siswa atau 76%, dan pada siklus II menjadi 25 siswa atau 100% siswa mengerjakan tugas dengan baik. Penggunaan media karikatur dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen. Hal ini ditandai dengan nilai menulis cerpen siswa mengalami peningkatan, nilai ratarata prasiklus 56,4, siklus I 6,8, dan pada siklus II 80,8, dan semua siswa telah mencapai batas ketuntasan belajar sebesar 65.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Menulis Cerpen, Media Gambar Karikatur |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 05 Nov 2012 11:36 |
Last Modified: | 05 Nov 2012 11:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20963 |
Actions (login required)
View Item |