Peningkatan Pemahaman Materi IPS Melalui Metode Role Playing Kelas II SDN Pagendisan Tahun 2012/2013

Subekan Effendi , Mohamad (2012) Peningkatan Pemahaman Materi IPS Melalui Metode Role Playing Kelas II SDN Pagendisan Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (633kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (656kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (494kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi IPS melalui metode Role Playing. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri Pagendisan yang berjumlah 24 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Role Playing dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam menulis paragraf narasi yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis sebesar 75% atau 18 siswa dan pada siklus II sebesar 92% atau 22 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Role Playing mampu meningkatkan pemahaman siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan pemahaman, metode Role Playing, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2012 06:07
Last Modified: 03 Nov 2012 06:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20943

Actions (login required)

View Item View Item