Ariyanto , Budi (2012) Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas Xi Ips Sma Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (15MB) |
|
|
PDF (BAB I)
03._BAB_I_.pdf Download (70kB) |
|
PDF (BAB II)
04._BAB_II_.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
PDF (BAB III)
05._BAB_III_.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
|
PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf Download (329kB) |
|
PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (121kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (15MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) adakah pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru terhadap Prestasi belajar siswa, 2) adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, 3)adakah pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 190 siswa dengan sampel sebanyak 48 siswa yang diambil dengan teknik Simple Random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 54,847 + 0,647X1 + 0,564X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh kompetensi guru dan motivasi belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang positif kompetensi guru terhadap presetasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa t hitung > ttabel, yaitu 3,304 > 2,021 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 25,9%; 2) Ada pengaruh yang positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa t hitung > t tabel, yaitu 2,281 > 2,021 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001, dengan sumbangan efektif sebesar 22,3%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 10,114 > 3,23 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,483. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,483 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara kompetensi guru dan motivasi belajar terhadapprestasi belajar adalah sebesar 48,3%, sedangkan 51,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi guru, motivasi belajar, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 02 Nov 2012 11:30 |
Last Modified: | 02 Nov 2012 11:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20919 |
Actions (login required)
View Item |