Sulistyorini, Buratsih (2012) Pengelolaan Pembelajaran IPS Berbasis KTSP Di SMP Negeri 1 Tunjungan Blora. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER,_dll.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I._PENDAHULUAN.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II._TINJAUAN_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.METODE_PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV._HASIL_PENELITIAN_DAN_TEMUAN_PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V._PEMBAHASAN_DAN_TEORI_HASIL_PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI_PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik kesiapan sarana prasarana, interaksi, strategi dan metode pembelajaran IPS berbasis KTSP di SMP Negeri 1 Tunjungan Blora. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Desain penelitiannya menggunakan etnografi. Metode pengumpulan datanya terdiri dari wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, sajian data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Karakteritik kesiapan sarana prasarana dalam mendukung pembelajaran adalah a) mempunyai buku saku KTSP, b) menyiapkan alat peraga dan media pembelajaran IPS, c) membangun bangunan gedung yang layak pakai, bersih dan nyaman, d) menyediakan referensi buku IPS, d) guru menyiapkan materi ajar mata pelajaran IPS, e) mempunyai referensi buku penunjang tentang metode pembelajaran. 2) Karakteristik interaksi pembelajaran IPS berbasis KTSP antara lain: a) guru bersikap ramah dan menjadi pendidik sekaligus pembimbing yang baik, b) terdapat umpan balik dalam interaksi pembelajaran, c) siswa didorong lebih aktif berinteraksi dalam pembelajaran, d) mendemonstrasikan alat peraga dan media pembelajaran dengan baik, e) terdapat tanya jawab antara guru dengan siswa, f) guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami dalam pembelajaran. 3) Karakteristik penerapan strategi dan metode pembelajaran IPS berbasis KTSP antara lani adalah a) melakukan perencanaan dalam menerapkan strategi dan metode pembelajaran, b) mengimplementasikan metode CTL dan demonstrasi dalam pembelajaran, c) menggunakan alat peraga dan media pembelajaran, d) pembelajaran berlangsung menarik dan menyenangkan dengan menggunakan metode PAKEM, e) menerapkan pembelajaran IPS terpadu ke dalam pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Pembelajaran IPS, KTSP |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 02 Nov 2012 10:52 |
Last Modified: | 02 Nov 2012 11:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20915 |
Actions (login required)
View Item |