FERIANI, ARINDA (2012) Realisasi Tindak Tutur Direktif Meminta Di Kalangan Anak Didik Dalam Pelaksanaan Belajar-Mengajar Di Sdn 3 Wiroko Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (580kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
04._BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab 2)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab 3)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
PDF (Bab 4)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (Bab 5)
09._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (527kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan bentuk tindak tutur direktif meminta di kalangan anak didik dalam kegiatan belajar-mengajar, (2) mendiskripsikan strategi tindak tutur direktif meminta di kalangan anak didik dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelas I dan kelas V SD di SDN 3 Wiroko Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak libat cakap, teknik rekam dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan teknik padan dan markah baca. Hasil penelitian ini adalah (1) bentuk tindak tutur direktif meminta di kalangan anak didik dalam kegiatan belajar mengajar ditemukan sebanyak 8 maksud yaitu: maksud mengingatkan ditemukan 7 tuturan, maksud menyindir ditemukan 3 tuturan, maksud merayu ditemukan 3 tuturan, maksud membujuk ditemukan 3 tuturan, maksud menyuruh ditemukan 1 tuturan, maksud mengharap ditemukan 5 tuturan, maksud meminta ditemukan 14 tuturan, dan maksud memohon ditemukan 3 tuturan. (2) strategi dari tindak tutur direktif meminta di kalangan anak didik dalam kegiatan belajar mengajar ditemukan dua strategi yaitu : (1) strategi bertutur langsung ditemukan sebanyak 13 tuturan dan (2) strategi bertutur tidak langsung ditemukan sebanyak 11 tuturan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tindak tutur, bentuk-bentuk tindak tutur, dan strategi bertutur |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 31 Oct 2012 10:51 |
Last Modified: | 31 Oct 2012 10:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20904 |
Actions (login required)
View Item |