Purwadi, Joko (2012) Pengelolaan Unit Produksi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Pada SMK Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER_DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (82kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (306kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki 3 tujuan. (1) Untuk mendeskripsikan karakteristik perencanaan unit produksi rekayasa perangkat lunak (RPL). (2) Untuk mendeskripsikan karakteristik pelaksanaan unit produksi rekayasa perangkat lunak (RPL). (3) Untuk mendeskripsikan karakteristik hasil unit produksi rekayasa perangkat lunak (RPL). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis domain yang bertujuan eksplorasi, artinya analisis hasil penelitian ini hanya ditargetkan untuk memperoleh gambaran seutuhnya dari objek yang diteliti. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan unit produksi rekayasa perangkat lunak pada SMK Negeri 1 Tengaran dilakukan dengan tahap awal yaitu menganalisis kebutuhan untuk menentukan aplikasi perangkat lunak yang akan digunakan. Perancangan desain aplikasi guru melakukan tahapan-tahapan yang terdiri dari: melihat sistem menajemen yang ada; merancang arus data dari sistem yang ada; melakukan analisis dari sistem tersebut; merancang arus data dari sistem yang akan diterapkan; menentukan database beserta relasi antartabel dalam satu database; menentukan program yang digunakan; melakukan penyusunan bahasa pemrograman. (2) Pelaksanaan unit produksi rekayasa perangkat lunak diselenggarakan dalam kegiatan pembelajaran di unit produksi RPL, dengan membangun model aplikasi yang dilakukan oleh siswa dengan menyesuaikan permintaan konsumen menggunakan program aplikasi berbasis web. Pelaksanaan unit produksi RPL dirancang oleh peserta didik, atas persetujuan guru, dan hasilnya dievaluasi oleh guru. Untuk melaksanakan unit produksi RPL peserta didik dan guru selalu melakukan upgrade pada sistem yang dibangun. Pelaksanaan unit produksi RPL telah disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi yang demikian cepat, setiap program yang akan dibangun sedapat mungkin dapat diakses oleh semua pihak dengan mudah dengan menggunakan fasilitas internet. (3) Hasil unit produksi rekayasa perangkat lunak (RPL) ditentukan oleh guru dengan pembuatan yang diserahkan seluruhnya kepada siswa baik itu dengan penyerahan tugas kelompok maupun individu, penilaian hasil produksi didasarkan pada proses pengerjaan dan hasil. Siswa jurusan rekayasa perangkat lunak sudah dapat mengembangkan desain office application dan desain web. Salah satu hasil unggulan berupa program jaritmatika yang dapat diakses melalui internet yang dirancang oleh siswa dengan bimbingan guru. Produksi RPL yang telah dibuat oleh siswa antara lain GAME dengan menggunakan program flasmedia, peta situs bersejarah (lokasi pemetaan kerajaan).
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, unit produksi, rekayasa perangkat lunak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 31 Oct 2012 10:48 |
Last Modified: | 31 Oct 2012 10:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20902 |
Actions (login required)
View Item |