Pola Belajar Siswa Dalam Pemecahan Masalah di Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Sholikah, Siti (2012) Pola Belajar Siswa Dalam Pemecahan Masalah di Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (483kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (226kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji dan mendiskripsikan proses pemecahan masalah dan faktor-faktor yang mempengaruhi pola belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan informan adalah guru dan siswa SMP Muhammadiyah 1. Metode pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi data, triangulasi metode dan member check. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) proses pemecahan masalah dengan menggunakan langkah memahami masalah, siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta dalam memahami masalah dengan cara membaca soal berulang-ulang kali sampai benar-benar memahami permasalahan dari soal yang diberikan. (2) proses pemecahan masalah dengan menggunakan langkah menyusun rencana adalah siswa lebih kreatif dalam menyusun penyelesaian suatu masalah dan siswa harus menemukan hubungan antara data dengan hal-hal yang belum diketahui. (3) proses pemecahan masalah dengan menggunakan langkah melaksanakan rencana yaitu siswa melaksanakan rencana yang sesuai pada langkah menyusun rencana. (4) proses pemecahan masalah dengan menggunakan langkah memeriksa kembali yaitu tidak semua siswa memeriksa kembali jawaban ataupun langkah-langkah yang mereka gunakan. (5) faktor-faktor yang mempengaruhi pola belajar siswa adalah pemahaman siswa terhadap kalimat soal, penguasaan siswa terhadap konsep tentang teori pendukung yang berkaitan dengan soal kesebangunan, metode mengajar yang digunakan guru, kualitas dan kuantitas soal kesebangunan yang diberikan guru, serta ketelitian siswa dalam membaca kalimat soal dan dalam mengerjakan soal

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan, Pola-belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 31 Oct 2012 06:54
Last Modified: 31 Oct 2012 06:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20900

Actions (login required)

View Item View Item