KHOTIMAH, KUSNUL (2012) Pengaruh Bimbingan Konseling Dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri I Sine Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (566kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (42kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_publikasi.pdf Download (445kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh Bimbingan Konseling terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VIII SMP N I SINE. 2) Untuk mengetahui pengaruh Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VIII SMP N I SINE. 3) Untuk mengetahui pengaruh Bimbingan Konseling dan Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VIII SMP N I SINE. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP N I SINE. Sampel diambil sebanyak 142 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi: Y = 57,036 + 0, 159 X1 + 0, 249 X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh bimbingan konseling dan cara belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada pengaruh bimbingan konseling terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N I SINE” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,936 > 1,960 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,004 dengan sumbangan efektif sebesar 14%. 2) “ Ada pengaruh yang signifikan antara cara belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N I SINE ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,845 > 1,960 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 22,4%. 3) “ Ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan konseling dan cara belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N I SINE ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 13,641 > 3,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,364 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh bimbingan konseling dan cara belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar adalah sebesar 36,4%, sedangkan 63,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan konseling, cara belajar, prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 30 Oct 2012 12:10 |
Last Modified: | 30 Oct 2012 12:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20898 |
Actions (login required)
View Item |