UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 1 PENAWANGAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Indaryani, Erlina (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 1 PENAWANGAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
04._BAB_I.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Bab 2)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab 3)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab 4)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] PDF (Bab 5)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Dafpus)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (368kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran ekonomi dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIIH SMP Negeri 1 Penawangan Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi mengalami peningkatan. Sebelum tindakan diperoleh tingkat keaktifan sebesar 22,22% dan hasil belajar ekonomi yang mencapai KKM 47,2% dengan nilai rata-rata 56,08. Pada siklus I tingkat keaktifan siswa meningkat menjadi 43,06% dan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 69,44% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 66,89. Pada siklus II tingkat keaktifan siswa meningkat menjadi 78,7% dan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 83,33% dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 76,16. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi pada siswa kelas VIIH SMP Negeri 1 Penawangan Tahun Ajaran 2011/2012 sebesar 75% dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Metode pembelajaran Index Card Match, keaktifan, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2012 11:55
Last Modified: 30 Oct 2012 12:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20894

Actions (login required)

View Item View Item