KONTRIBUSI INTENSITAS BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Sugiyati, Sugiyati (2012) KONTRIBUSI INTENSITAS BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (654kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Dafpus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NAQSKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (342kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui kontribusi intensitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta; 2) Untuk mengetahui kontribusi kreativitas siswa terhadap prestasi belajar akuntansi kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta; 3) Untuk mengetahui kontribusi intensitas belajar dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar akuntansi kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Sampel diambil sebanyak 212 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berberganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 52,607 + 0,469X1 + 0,503X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh intensitas belajar dan kreativitas siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Intensitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,608 > 1,979 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 14,9%; 2) Kreativitas siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,317 > 1,979 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 10,5%; 3) Intensitas belajar dan kreativitas siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 21,810 > 3,067 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,254 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh intensitas belajar dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, adalah sebesar 25,4% sedangkan 74,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Intensitas Belajar, Kreativitas Siswa dan Prestasi Belajar Akuntansi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2012 11:05
Last Modified: 30 Oct 2012 11:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20890

Actions (login required)

View Item View Item