Hubungan Bimbingan Orang Tua Saat Menonton Kartun Ditelevisi Dengan Perilaku Anak Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Jatirejo I Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri

REJEKI , SRI (2012) Hubungan Bimbingan Orang Tua Saat Menonton Kartun Ditelevisi Dengan Perilaku Anak Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Jatirejo I Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (688kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
JEKI_1.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (BAB II)
JEKI_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (BAB III)
JEKI_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (BAB IV)
JEKI_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (BAB V)
JEKI_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (BAB VI)
JEKI_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
JEKI_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Lampiran)
JEKI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (406kB)

Abstract

Televisi merupakan salah satu teknologi yang memiliki pengaruh besar diberbagai kalangan, salah satunya anak usia prasekolah. Salah satu dampak negatif yang ditimbulkan dari melihat televisi adalah perubahan perilaku yang negatif pada anak. Peran orang tua sangat diperlukan dalam membimbing anak pada saat melihat tayangan televisi termasuk melihat film kartun. Adanya bimbingan yang baik dari orang tua diharapkan anak mempunyai perilaku yang baik selama di rumah maupun di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan bimbingan orang tua saat menonton kartun ditelevisi dengan perilaku anak di TK Dharma Wanita Jatirejo I, Kecamatan Girirmarto, Kabupaten Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode Deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah semua siswa TK Dharma Wanita Jatirejo I, Kecamatan Girirmarto berjumlah 25 siswa. Data penelitian diperoleh dari kuesioner bimbingan orang tua dan observasi perilaku anak. Data penelitian yang diperoleh selanjutnya diuji dengan alat analisis dengan menggunakan uji Fisher Exact. Hasil penelitian diperoleh data bimbingan orang tua yaitu 14 (56%) responden melakukan bimbingan dengan baik, sementara 11 (44%) responden buruk dalam membimbing anak menonton film kartun. Perilaku anak diketahui 13 (52%) anak mempunyai perilaku yang baik dan 12 (48%) anak mempunyai perilaku yang buruk. Hasil uji hipotesis penelitian dengan uji fisher exact diperoleh nilai p = 0,001, sehingga disimpulkan terdapat hubungan bimbingan orang tua saat menonton kartun ditelevisi dengan perilaku anak di TK Dharma Wanita Jatirejo I, Kecamatan Girirmarto, Kabupaten Wonogiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Orang Tua, Film Kartun, Televisi, Perilaku, Anak Prasekolah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 29 Oct 2012 12:46
Last Modified: 30 Oct 2012 02:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20881

Actions (login required)

View Item View Item