Wahyuni, Sri (2012) REALISASI KESANTUNAN BERBAHASA PADA PERCAKAPAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 GEYER. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (583kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
PDF (Bab 4)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
||
PDF (Bab 5)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
PDF (Dafpus)
Daftar_Pustaka.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (858kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Jurnal_Publikasi.pdf Download (407kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk realisasi kesantunan berbahasa, memaparkan fungsi kesantunan, dan mendeskripsikan penyimpangan maksim kesantunan yang diucapkan siswa kelas IX SMP Negeri 3 Geyer. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak bebas libat cakap (SLBC). Teknik analisis data menggunakan metode padan ekstralingual, metode yang alat penentunya tuturan yang diucapkan siswa kelas IX SMP Negeri 3 Geyer. Penyajian hasil analisis data menggunakan metode sajian informal. Kajian teori yang mendukung penelitian ini adalah teori pragmatik, prinsip kerja sama Grice, teori tentang percakapan, teori kesantuanan berbahasa, fungsi kesantunan, dan penyimpangan maksim kesantunan berbahasa menurut Leech. Hasil penelitian ini berupa realisasi kesantunan, fungsi kesantunan, dan penyimpangan maksim kesantunan tuturan yang dipakai oleh siswa kelas IX SMP N 3 Geyer. Realisasi kesantunan berbahasa pada percakapan siswa kelas IX SMP Negeri 3 Geyer terdapat empat tindak tutur (TT) yaitu (1) TT menyenangkan (convival) (2) TT bekerja sama, (3) TT bertentangan, dan (4) TT kompetitif. Fungsi kesantunan yang terdapat pada percakapan siswa kelas IX SMP N 3 Geyer terdapat tiga fungsi kesantunan yaitu (1) fungsi menyatakan (deklaratif), (2) fungsi menanyakan (interogatif), dan (3) fungsi memerintah (imperatif). Ada enam (6) penyimpangan kesantunan berbahasa yaitu penyimpangan maksim kebijaksanaan, penyimpangan maksim pujian, penyimpangan maksim kerendahatian, penyimpangan maksim kesetujuan, penyimpangan maksim kesimpatisan, dan penyimpangan maksim kedermawanan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Kesantunan berbahasa, tindak tutur |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 25 Oct 2012 10:44 |
Last Modified: | 25 Oct 2012 10:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20871 |
Actions (login required)
View Item |