Kamtinah, Kamtinah (2012) Pengelolaan Supervisi Klinis Di Sekolah Dasar Negeri I Putatnganten Karangrayung Grobogan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (76kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_RPP_DAN_IJIN_PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (298kB) |
Abstract
Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan karakteristik perencanaan supervisi klinis di Sekolah Dasar Negeri 1 Putatnganten, Karangrayung Grobogan. (2) mendeskripsikan karakteristik pelaksanaan supervisi klinis di Sekolah Dasar Negeri 1 Putatnganten, Karangrayung Grobogan. (3) mendeskripsikan karakteristik umpan balik hasil supervisi klinis di Sekolah Dasar Negeri 1 Putatnganten, Karangrayung Grobogan. Jenis penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Lokasi penelitian ini adalah di Sekolah Dasar Negeri 1 Putatnganten Karangrayung Grobogan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data tertata dalam situs untuk diskripsi. Hasil penelitian adalah (1) Perencanaan program supervisi akademik adalah penyusunan dokumen perencanaan pemantauan serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Perencanaan supervisi sekolah berfungsi sebagai pedoman kerja bagi kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi di kelas, dan sebagai penjabaran program supervisi tahunan tersebut disusun program supervisi yang lebih operasional. (2) Pelaksanaan supervisi diarahkan pada kegiatan belajar mengajar dalam rangka pencapaian kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum. Pelaksanaan supervisi disesuaikan dengan tehnik-tehnik supervisi dengan langkah: temu awal, pelaksanaan supervisi dan akhir supervisi. (3) Hasil supervisi berupa temuan-temuan tersebut berkaitan dengan siswa terkait dengan proses pembelajaran, khsusnya siswa yang kurang pandai disarankan untuk dilakukan bimbingan baik individual/kelompok, latihan-latihan/pekerjaan rumah, perbaikan pengajaran (remedial), sedangkan bagi siswa yang pandai diberikan pengayaan baik secara individu/kelompok. Umpan balik terhadap temuan yang berkaitan dengan guru antara lain guru kurang profesional, guru belum profesional, mendapat pembinaan dan penangan khusus agar menjadi guru yang profesional melalui pelatihan, penataran, membuat dan mempergunakan alat peraga, diikutsertakan dalam studi banding, dan rapat-rapat pertemuan baik intern maupun ekstern
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | interaksi pembelajaran, aktivitas guru, dan aktivitas siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 25 Oct 2012 05:13 |
Last Modified: | 25 Oct 2012 05:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20860 |
Actions (login required)
View Item |