Supriyanto, Supriyanto (2012) Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar (Studi Situs di SDIT Al Huda Wonogiri). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (75kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (57kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (295kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki dua tujuan (1) untuk mendeskripsikan karakteristik strategi dan metode pembelajaran di SDIT Al Huda Wonogiri, dan (2) untuk mendeskripsikan karakteristik interaksi pembelajaran di SDIT Al Huda Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Peneliti mengambil lokasi di SDIT Al Huda Wonogiri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam, dan observasi. Analisis data menggunakan metode analisis etnografis. Penelitian ini menghasilkan: (1) Strategi pembelajaran yang digunakan oleh SDIT Al Huda Wonogiri meliputi strategi interaktif, langsung, tidak langsung, dan mandiri. Penerapan strategi pembelajaran interaktif menekankan pada diskusi dan sharing di antara peserta didik. Diskusi dan sharing memberi kesempatan peserta didik untuk bereaksi terhadap gagasan, pengalaman, pendekatan dan pengetahuan guru atau temannya dan untuk membangun cara alternatif untuk berfikir dan merasakan. Metode yang digunakan dalam pembelajaran di SDIT Al Huda Wonogiri menggunakan metode ceramah, demonstrasi, diskusi, simulasi (permainan). (2) Interaksi pembelajaran antara siswa dan guru terjadi di dalam kelas maupun di luar kelas. Interaksi terjalin antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru. Interaksi yang terjadi antara Guru dengan siswa didik adalah interaksi dua arah, di mana proses pembelajaran tidak hanya terfokus pada Guru saja tetapi juga mengadopsi ide-ide dari siswa. Interaksi di luar pembelajaran terjadi dalam bentuk komunikasi non formal dilakukan oleh Guru dengan siswa sebelum dan sesudah pembelajan atau pada saat istirahat, terlaksana dengan akrab dan terjalin dengan baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi, metode, dan interaksi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Oct 2012 11:57 |
Last Modified: | 24 Oct 2012 12:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20859 |
Actions (login required)
View Item |