Analisis Perbedaan Kinerja Fungsi Manajerial Menurut Persepsi Kepala Ruang Dan Staf Keperawatan Di Rs Pku Muhammadiyah Surakarta

SETIYOWATI, LILIS and , Winarsih Nur Ambarwati,S.Kep,Ns. ETN.,M.K ep and , Kartinah, S.Kep (2012) Analisis Perbedaan Kinerja Fungsi Manajerial Menurut Persepsi Kepala Ruang Dan Staf Keperawatan Di Rs Pku Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan keperawatan merupakan sub sistem dalam sistem pelayanan kesehatan di rumah sakit. Rumah sakit mempunyai kepentingan untuk menjaga mutu pelayanan, terlebih lagi pelayanan keperawatan sering dijadikan tolok ukur citra sebuah rumah sakit di mata masyarakat, sehingga menuntut adanya profesionalisme perawat pelaksana maupun perawat pengelola dalam memberikan dan mengatur kegiatan asuhan keperawatan kepada pasien. Peran kepemimpinan dan manajemen merupakan peran dimana tanggung jawab utama manajer perawat merencanakan, mengorganisir, memotivasi, dan mengendalikan staf perawat dalam memberikan asuhan keperawatan. Peran perawat yang bertanggung jawab pada pasien terhadap pemberian asuhan keperawatan pasien mulai dari pasien masuk sampai keluar. Tujuan Penelitian adalah mengetahui perbedaan kinerja fungsi manajerial menurut persepsi kepala ruang dan staf keperawatan di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini penelitian deskriptif komparatif. Sampel kepala ruang sebanyak 11 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sementara sampel staf keperawatan sebanyak 67 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional sampling. Instrument penelitian menggunakan kuesioner persepsi sebanyak 25 pertanyaan. Hasil data penelitan dilakukan uji secara statistik menggunakan uji komparatif independent t test. Hasil penelitian diperoleh data 4 responden (36,4%) mempunyai persepsi fungsi manajerial denga kategori baik sedangkan 7 responden mempunyai Persepsi fungsi manajerial dengan kategori sedang. Persepsi staf keperawatan adalah 3 responden (4,5%) mempunyai Persepsi fungsi manajerial dengan kategori baik dan 64 responden (95,5%) Persepsi fungsi manajerial dengan kategori sedang. Hasil uji statistik diperoleh nilai t test = 3,927 dengan p = 0,001 sehingga disimpulkan terdapat perbedaan kinerja fungsi manajerial menurut persepsi kepala ruang dan staf keperawatan di RS PKU Muhammadiyah Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Fungsi Manajerial, Kepala Ruang, Staf Keperawatan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 13 Sep 2013 06:25
Last Modified: 09 May 2016 11:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20853

Actions (login required)

View Item View Item