Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Peningkatan Mutu Belajar Siswa DI SMP Al-Firdaus Kartasura Sukoharjo

Abdillah, Abdillah (2012) Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Peningkatan Mutu Belajar Siswa DI SMP Al-Firdaus Kartasura Sukoharjo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (13MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (171kB)

Abstract

Peningkatan mutu belajar di SMP Al-Firdaus menggunakan manajemen berbasis sekolah. Hal itu menarik peneliti untuk mengangkat permasalahan “bagaimana penerapan manajemen berbasis sekolah untuk peningkatan mutu belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Al-Firdaus dan bagaimana program peningkatan mutu belajar di Sekolah Menengah Pertama Al-Firdaus”. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan manajemen berbasis sekolah untuk peningkatan mutu belajar di SMP Al-Firdaus dan menemukan program peningkatan mutu belajar di Sekolah Menengah Pertama Al-Firdaus. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan manajemen berbasis sekolah untuk peningkatan mutu belajar dengan sumber data kepala sekolah, guru, dan siswa di SMP Al-Firdaus. Data dalam penelitian ini didapat dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga bagian yaitu pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan manajemen berbasis sekolah untuk peningkatan mutu belajar siswa di SMP Al-Firdaus menggunakan metode Moved Position dalam pembelajaran Bahasa Arab dan metode ceramah dalam pembelajaran Qur’an dan Hadits. Namun demikian, untuk metode Moved Position kurang sesuai dalam pemilihan lingkungan pembelajaran sedangkan metode ceramah kurang sesuai dalam pelaksanaan langkah-langkahnya. Dan juga pelaksanaan program dalam peningkatan mutu belajar siswa SMP Al-Firdaus antara lain, yaitu: Matrikulasi, Pengayaan, Remidial, Pendalaman Materi, dan Akselerasi. Namun demikian, untuk program remidial kurang sesuai dalam penyampaian materi. Adapun faktor pendukung atau penunjang yang dimiliki SMP Al-Firdaus dalam penerapan manajemen berbasis sekolah untuk peningkatan mutu belajar meliputi guru-guru masih berusia muda, seluruh sudut sekolah sebagai alat pembelajaran, dan kreatifitas guru-guru yang tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah, Kurikulum, Mutu Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Oct 2012 10:24
Last Modified: 24 Jan 2019 00:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20842

Actions (login required)

View Item View Item