Pengelolaan Pembelajaran Tematik Kelas 1 Di SD Negeri 1 Termas Karangrayung Kabupaten Grobogan

Ngatmin, Ngatmin (2012) Pengelolaan Pembelajaran Tematik Kelas 1 Di SD Negeri 1 Termas Karangrayung Kabupaten Grobogan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
JUDUL_DAN_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (935kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_FOTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (301kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran tematik kelas 1 di SD Negeri Termas Karangrayung Kabupaten Grobogan. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik kelas 1 di SD Negeri Termas Karangrayung Kabupaten Grobogan. (3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran tematik kelas 1 di SD Negeri Termas Karangrayung Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini menggunakan bentuk kualitatif dan dengan menggunakan desain etnografi. Lokasi penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 1 Termas Karangrayung Kabupaten Grobogan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi berpartisipasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian: (1) Perencanaan pembelajaran tematik dilakukan oleh guru dengan cara membuat jaringan tema yaitu dengan menghubungkan kompetensi dasar dan indikator dengan tema pemersatu, sehingga akan terlihat kaitan antara tema, kompetensi dasar dan indikator dari setiap mata pelajaran. mencakup kegiatan pemetaan kompetensi dasar, pengembangan jaringan tema, pengembangan silabus dan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran tematik menggunakan tiga tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Kegiatan awal dilakukan untuk mendorong siswa menfokuskan dirinya agar mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Penyajian bahan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan berbagai strategi/metode yang bervariasi. Kegiatan akhir untuk memantapkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran tematik. (3) Evaluasi pembelajaran pada kelas I ditekankan pada kemampuan membaca, menulis dan berhitung karena merupakan syarat dari kenaikan kelas. Evaluasi dilakukan dengan mengacu pada indikator dari masing-masing kompetensi dasar dan hasil belajar dari mata-mata pelajaran. Evaluasi dilakukan secara terus menerus dan selama proses belajar mengajar berlangsung. Alat evaluasi dapat berupa tes dan non tes.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pembelajaran tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 23 Oct 2012 05:44
Last Modified: 23 Oct 2012 05:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20816

Actions (login required)

View Item View Item