Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Paud Al-Barokah Kecamatan Rowokele Kebumen

SUDIYONO, AKHMAD (2012) Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Paud Al-Barokah Kecamatan Rowokele Kebumen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1.Halaman_Depan.pdf

Download (495kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
2.Bab_1.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
3.Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
4.Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
5.Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab V)
6.bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab VI)
7.ab_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.Daftar_Pustaka.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (144kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui persiapan pembelajaran di PAUD “Al Barokah” desa Rowokele Kecamatan Rowokele Kebumen, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran di PAUD “Al Barokah” desa Rowokele Kecamatan Rowokele Kebumen, dan (3) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran di PAUD “Al Barokah” desa Rowokele Kecamatan Rowokele Kebumen. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di PAUD “Al Barokah” desa Rowokele Kecamatan Rowokele Kebumen. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reabilitas), dan confermability (objektivitas). Hasil dari penelitian ini (1) Persiapan pembelajaran yang dilakukan oleh pengelola PAUD Al-Barokah sudah sesuai dengan Acuan Menu Pembelajaran yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. Persiapan pembelajaran dilakukan melalui beberapa langkah yaitu menetapkan tahap perkembangan, menetapkan indikator kemampuan, menetapkan konsep pengetahuan yang akan dikenalkan, menetapkan tema, menyusun rencana kegiatan pembelajaran dan menyiapkan alat dan bahan. (2) Proses pembelajaran di PAUD Al-Barokah mengacu pada prinsip belajar sambil bermain. Di PAUD Al-Barokah mempunyai beberapa sentra kegiatan bermain antara lain sentra balok, sentra main peran dan sentra seni/kreativitas. Kegiatan bermain di sentra-sentra tersebut mempunyai tujuan masing-masing agar setelah melakukan kegiatan tersebut siswa dapat memperoleh pengalaman yang dapat mereka terapkan dalam kehidupan mereka dirumah setelah mereka pulang sekolah. Di PAUD Al-Barokah menggunakan metode pembelajaran belajar sambil bermain dengan pendekatan Beyond Center and Circle Time (BCCT). (3) Kegiatan evaluasi pembelajaran di PAUD Al-Barokah mengacu pada Acuan Menu Pembelajaran Generik dengan prinsip menyeluruh, berkesinambungan, objektif, mendidik, dan bermakna baik bagi guru, orang tua, anak didik maupun pihak lain yang memerlukan. Kegiatan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan PAUD Al-Barokah terdiri dari 3 kegiatan melalui pengamatan, catatan anekdot dan portofolio.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persiapan, pelaksanaan, evaluasi, pengelolaan pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 22 Oct 2012 12:12
Last Modified: 22 Oct 2012 12:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20814

Actions (login required)

View Item View Item