Wibowo, Tresno Setyo (2012) Pengelolaan Pembelajaran IPA Dengan Media Audio Visual Tentang Sistem Tata Surya Di SD Negeri II Bandar Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
ATRIBUT_TESIS.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
TESIS_BAB_I.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Bab II)
TESIS_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (Bab III)
TESIS_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab IV)
TESIS_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab V)
TESIS_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
PDF (Bab VI)
TESIS_BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan: (1) Materi dalam Pengelolaan Pembelajaran IPA dengan Media Audio Visual Tentang Sistem Tata Surya Di SDN II Bandar Pacitan. (2) Aktivitas siswa dalam Pengelolaan Pembelajaran IPA dengan Media Audio Visual Tentang Sistem Tata Surya Di SDN II Bandar Pacitan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Penelitian ini dilakukan Di SD Negeri II Bandar Pacitan. Data utama diperoleh dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis data dengan teknik Interactive Model of Analysis. Keabsahan data dalam penelitian ini adalah derajat kepercayaan (credibility); keteralihan (transferability); ketergantungan (dependability); kepastian (confirmbility). Hasil dari penelitian ini adalah (1) Materi dalam pembelajaran disusun berdasarkan RPP yang telah di buat. Pengelolaan pembelajaran ini meliputi penyiapan alat dan materi, penerapan pembelajaran disesuaikan dengan sub materi yang diajarkan dalam pelaksanaan pembelajaran yang efektif, melalui pengamatan, kesimpulan dan evaluasi untuk melihat hasil dari pembelajaran. (2) Aktivitas Siswa pada pembelajaran dengan media audio-visual sebagian besar siswa menyukainya. Tingkat keaktifan siswa dalam memahami materi lebih meningkat dan bisa menerima materi dengan baik. Siswa lebih aktif mengemukakan pendapat dan selalu bertanya bila belum mengerti materi yang diajarkan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, pembelajaran, media, Audio Visual, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 22 Oct 2012 11:21 |
Last Modified: | 24 Oct 2018 02:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20803 |
Actions (login required)
View Item |