SUSWARDANI, DWI DANIK (2012) Pengelolaan Rsbi (Studi Situs Di Smp Negeri 1 Salatiga Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (642kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
3.BAB_I.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
|
PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf Download (135kB) |
|
PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab VI)
8.BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (84kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (184kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) karakteristik pengelolaan guru di SMP Negeri 1 Salatiga. (2) karakteristik pengelolaan keuangan di SMP Negeri 1 Salatiga. (3) karakteristik pengelolaan sarana prasarana di SMP Negeri 1 Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan desain penelitian etnografi. Informan adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode pengamatan berperan serta, metode wawancara mendalam, dan metode dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini adalah teknik analisis domain. Hasil penelitian ini adalah (1) Pengelolaan guru dalam bidang akademik di SMP Negeri 1 Salatiga dilakukan dalam berbagai kegiatan, mulai dari perencanaan guru, rekruitmen guru, penugasan guru, dan pembinaan guru. Dalam pengelolaan yang dilakukan untuk guru di SMP Negeri 1 Salatiga dengan pemberian penugasan dalam kegiatan belajar mengajar dengan didasarkan pada surat tugas dan jadwal mengajar. Guru memiliki tugas utama yaitu memberi pengajaran namun disamping tugas itu guru juga diberikan tugas lain seperti menjadi Wakil Kepala Sekolah, Bendahara Sekolah, Wali Kelas, Bidang Sarana Prasarana, Bidang Kurikulum, Pengurus Koperasi, dan Pembina Ekstra Kurikuler. (2) Pengelolaan keuangan juga membutuhkan sebuah susunan dana, penyusunan dana sekolah dilakukan dengan cara mengadakan rapat yang dihadiri oleh Kepala sekolah, Komite sekolah, Guru, kepala TU. Membicarakan semua kegiatan sekolah yang direncanakan, tidak sekedar teknis pelaksanaan tetapi juga non teknis (pendanaan). Proses pembuatan anggaran pendidikan melibatkan penentuan pengeluaran maupun pendapatan yang bertalian dengan keseluruhan operasi sekolah. Sumber pendanaan diperoleh dari bantuan orang tua siswa, bantuan dari pemerintah berupa BOS, Block Grant dan BKMM sedangkan untuk pengeluaran atau pengalokasian dana digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kegunaan dana tersebut. (3) Dalam hubungannya dengan program pendidikan yang perlu di perhatikan adalah organisasi kurikulum sekolah, metode pengajaran, dan media pengajaran yang di perlukan. Oleh karena itu agar perencanaan tersusun dan terlaksana dengan baik maka perencanaan sarana prasarana yang ada di SMP Negeri 1 Salatiga dihendel oleh Wakasek Sapras yaitu Bapak Sumarmo dan dalam perencanaannya Wakasek Sapras melakukan pendataan barang yang akan diadakan dan melakukan konsultasi dengan kepala sekolah sebelum memutuskan apa saja yang dibutuhkan oleh sekolah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan guru, keuangan, dan sarana prasarana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 22 Oct 2012 10:59 |
Last Modified: | 22 Oct 2012 10:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20799 |
Actions (login required)
View Item |