Aktivitas Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Dalam Praktikum Studi Kasus Di Laboratorium Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Satyanto, Heni (2012) Aktivitas Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Dalam Praktikum Studi Kasus Di Laboratorium Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas belajar mahasiswa pendidikan biologi dalam praktikum di laboratorium biologi. Sub fokus penelitian dibagi tiga yaitu aktivitas belajar sebelum praktikum, aktivitas belajar mahasiswa saat praktikum dan aktivitas belajar mahasiswa sesudah praktikum. Manfaat penelitian bagi mahasiswa sebagai panduan bagaimana belajar di laboratorium biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian bersifat deskriptif. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester 3 dan semester 5. Tempat penelitian di laboratorium pendidikan biologi FKIP UMS. Analisis data dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Kredibilitas data dan review informan digunakan untuk teknik keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan aktivitas belajar mahasiswa sebelum pembelajaran praktikum lebih didominasi aktivitas belajar mendengarkan (listening activities), mencatat(writing activities), aktivitas visual (visual activities). Aktivitas belajar mahasiswa saat pembelajaran praktikum lebih didominasi aktivitas kerja (motor activities). Aktivitas belajar mahasiswa sesudah pembelajaran praktikum yang dialami mahasiswa yaitu mengerjakan ujian (oral activitas). Aktivitas belajar mahasiswa yang pasif berakibat pada rendahnya tingkat penguasaan mahasiswa pada suatu materi. Rendahnya tingkat keaktifan dan penguasaan mahasiswa dipengaruhi oleh aktivitas belajar sebelum pembelajaran yang rendah. Aktivitas belajar mahasiswa dalam melaksanakan praktikum belum optimal melaksanakan praktikum sehingga pemahaman mahasiswa belum optimal.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, belajar, praktikum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 22 Oct 2012 07:18
Last Modified: 22 Oct 2012 07:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20782

Actions (login required)

View Item View Item