Satyanto, Heni (2012) Aktivitas Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Dalam Praktikum Studi Kasus Di Laboratorium Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI_.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas belajar mahasiswa pendidikan biologi dalam praktikum di laboratorium biologi. Sub fokus penelitian dibagi tiga yaitu aktivitas belajar sebelum praktikum, aktivitas belajar mahasiswa saat praktikum dan aktivitas belajar mahasiswa sesudah praktikum. Manfaat penelitian bagi mahasiswa sebagai panduan bagaimana belajar di laboratorium biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian bersifat deskriptif. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester 3 dan semester 5. Tempat penelitian di laboratorium pendidikan biologi FKIP UMS. Analisis data dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Kredibilitas data dan review informan digunakan untuk teknik keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan aktivitas belajar mahasiswa sebelum pembelajaran praktikum lebih didominasi aktivitas belajar mendengarkan (listening activities), mencatat(writing activities), aktivitas visual (visual activities). Aktivitas belajar mahasiswa saat pembelajaran praktikum lebih didominasi aktivitas kerja (motor activities). Aktivitas belajar mahasiswa sesudah pembelajaran praktikum yang dialami mahasiswa yaitu mengerjakan ujian (oral activitas). Aktivitas belajar mahasiswa yang pasif berakibat pada rendahnya tingkat penguasaan mahasiswa pada suatu materi. Rendahnya tingkat keaktifan dan penguasaan mahasiswa dipengaruhi oleh aktivitas belajar sebelum pembelajaran yang rendah. Aktivitas belajar mahasiswa dalam melaksanakan praktikum belum optimal melaksanakan praktikum sehingga pemahaman mahasiswa belum optimal.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas, belajar, praktikum |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 22 Oct 2012 07:18 |
Last Modified: | 22 Oct 2012 07:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20782 |
Actions (login required)
View Item |