Wihandoko, Dimas (2012) Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Dasar Penyelenggara Program Inklusi Di Kabupaten Karanganyar ( Studi Kasus di SD Negeri 03 Girimulyo, SD Negeri 01 Jatimulyo, SD Negeri 01 Klodran). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (610kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (289kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (748kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (605kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_RPP2.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (478kB) |
Abstract
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan mata pelajaran yang fundamental terhadap pembentukan perkembangan gerak dan mental juga berguna meningkatkan aspek psikomotor bagi semua anak tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus.Mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan sangat dibutuhkan oleh anak berkebuhan khusus. Oleh sebab itu, mata pelajaran ini tentunya harus dikelola secara baik dan matang, sehingga sekolah perlu merencanakan materi ajar, kurikulum, prinsip pembelajaran dan sarana prasrananya dengan tepat yang disesuaikan dengan kebutuhan anak. Jenis penelitian kualitatif dengan strategi penelitian etnografi pendidikan. Lokasi penelitian pada tiga Sekolah Dasar Penyelenggara Program Inklusi, SDN 03 Girimulyo, SDN 01 Jatimulyo, SDN 01 Klodran Kabupaten Karanganyar. Teknik pengumpulan dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Analsis data yang digunakan analisis induktif dengan menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Keabsahan data dilakukuan dengan teknik triangulasi. Ada tiga temuan dalam penelitian ini, yaitu (1) Pelaksanaan Pembelajaran Penjasorkes bagi ABK disamakan dengan anak lain baik pada perencanaannya maupun pelakasaannya, (2)prinsip pembelajaran penjasorkes yang dilaksanakan oleh guru adalah sudah sesuai dengan prinsip pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus diantaranya prinsip individualisasi dan motivasi, dan (3) sarana dan prasarana pembelajaran penjasorkes yang di gunakan dalam pembelajaran bagi ABKtidak diadaptifkan atau dimodifikasi bagi anak berkebutuhan khusus. Sedangkan Implikasi penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Perangkat Administrasi dan materi ajar Penjasorkes yang disusun dan masih berpedoman pada kurikulum nasional, sekolah seharusnya mampu mengembangkan kurikulummata pelajaran Penjasorkes sesuai dengan kebutuhan sekolah dan Anak Berkebutuhan Khususagar kurikulum lebih aplikatif, 2), Pentingnya peningkatan dan pengembangan prinsip pembelajaran khusus bagi guru agar dapat melaksanakan kegiatan penmbelajaran yang interaktif dengan anak berkebutuhan khusus. 3)Tidak adanya Sarana yang dimodifikasi atau diadaptifkan menjadikan pembelajaran Penjasorkes bagi Anak Berkebutuhan Khusus tidak optimal. Oleh sebab itu, perlu adanya modifikasi dan pengadaptifan sarana yang disesuaikan dengan jenis ketunaan anak agar menjadikan pembelajaran lebih optimal.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, pendidikan jasmani olahraga kesehatan, anak berkebutuhan kebutuhan khusus |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 19 Oct 2012 06:26 |
Last Modified: | 24 Oct 2018 02:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20759 |
Actions (login required)
View Item |