Pengelolaan Sekolah Multigrade di SD Negeri Pucangombo V Tegalombo Pacitan

Lestariningsih, Rohmatika (2012) Pengelolaan Sekolah Multigrade di SD Negeri Pucangombo V Tegalombo Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (831kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (238kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan: (1) Karakteristik aktivitas belajar peserta didik sekolah multigrade di SD Negeri Pucangombo V Tegalombo Pacitan (2) Aktivitas mengajar guru sekolah multigrade di SD Negeri Pucangombo V Tegalombo Pacitan (3) Karakteristik interaksi pembelajaran sekolah multigrade di SD Negeri Pucangombo V Tegalombo Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pucangombo V Tegalombo Pacitan. Nara sumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Aktivitas yang dilakukan siswa antara lain adalah listening activities, visual activities, writing activities, dan oral activities (2) Pembelajaran multigrade mengharuskan guru mengajar dua tingkat kelas yang berbeda dalam waktu bersamaan, meliputi review, overview, presentasi, exercise, dan summary (3) Interaksi yang terjalin adalah dengan pola guru-siswa dan siswa-guru, pola guru-siswa dan siswa-siswa, serta pola guru-siswa, siswa-guru, siswa-siswa. Teori hasil penelitian: (1) Semakin variatif aktivitas yang dilakukan, maka siswa semakin aktif dan mandiri dalam pembelajaran (2) Semakin komplek aktifitas guru, maka pembelajaran multigrade semakin efektif (3) Semakin variatif pola interaksi yang terjalin, semakin memungkinkan siswa berinteraksi dengan siswa yang berbeda kelasnya

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Multigrade, aktivitas siswa, aktivitas guru, interaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 18 Oct 2012 07:10
Last Modified: 18 Oct 2012 07:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20747

Actions (login required)

View Item View Item