Lestariningsih, Rohmatika (2012) Pengelolaan Sekolah Multigrade di SD Negeri Pucangombo V Tegalombo Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (831kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (119kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (110kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (238kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan: (1) Karakteristik aktivitas belajar peserta didik sekolah multigrade di SD Negeri Pucangombo V Tegalombo Pacitan (2) Aktivitas mengajar guru sekolah multigrade di SD Negeri Pucangombo V Tegalombo Pacitan (3) Karakteristik interaksi pembelajaran sekolah multigrade di SD Negeri Pucangombo V Tegalombo Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pucangombo V Tegalombo Pacitan. Nara sumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Aktivitas yang dilakukan siswa antara lain adalah listening activities, visual activities, writing activities, dan oral activities (2) Pembelajaran multigrade mengharuskan guru mengajar dua tingkat kelas yang berbeda dalam waktu bersamaan, meliputi review, overview, presentasi, exercise, dan summary (3) Interaksi yang terjalin adalah dengan pola guru-siswa dan siswa-guru, pola guru-siswa dan siswa-siswa, serta pola guru-siswa, siswa-guru, siswa-siswa. Teori hasil penelitian: (1) Semakin variatif aktivitas yang dilakukan, maka siswa semakin aktif dan mandiri dalam pembelajaran (2) Semakin komplek aktifitas guru, maka pembelajaran multigrade semakin efektif (3) Semakin variatif pola interaksi yang terjalin, semakin memungkinkan siswa berinteraksi dengan siswa yang berbeda kelasnya
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multigrade, aktivitas siswa, aktivitas guru, interaksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 18 Oct 2012 07:10 |
Last Modified: | 18 Oct 2012 07:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20747 |
Actions (login required)
View Item |