Motivasi Kerja Guru Bersertifikat Kompetensi Keahlian Dalam Pembelajaran Produktif ( Studi Situs Smk Tunas Harapan Pati Rsbi)

SULISTYANI, SULISTYANI (2012) Motivasi Kerja Guru Bersertifikat Kompetensi Keahlian Dalam Pembelajaran Produktif ( Studi Situs Smk Tunas Harapan Pati Rsbi). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (558kB)

Abstract

Sulistyani, 2012. Motivasi Kerja Guru Bersertifikat Kompetensi Keahlian Dalam Pembelajaran Produktif (Studi Situs di SMK Tunas Harapan Pati RSBI). Tesis, Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini memiliki tiga tujuan. 1) untuk mendekripsikan motivasi kerja guru bersertifikat kompetensi keahlian. 2) mendeskripsikan kompetensi guru produktif. 3) mendeskripsikan pembelajaran produktif dengan model pengajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara , observasi dan dokumentasi dengan sumber data kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru produktif dan siswa SMK Tunas Harapan Pati. Teknik analisa data meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini ada tiga hal. 1) Motivasi kerja guru didasarkan pada motivasi internal dan eksternal. Motivasi internal timbul karena adanya rasa bangga sebagai guru serta keinginan untuk berprestasi. Sedangkan motivasi eksternal muncul karena pengakuan terhadap kualifikasi Sumberdaya Manusia (SDM), pembagian tugas sesuai kompetensi, peran kepala sekolah dan adanya penghargaan yang memadai seperti gaji, reward atau bonus, 2) Kompetensi guru produktif SMK Tunas Harapan Pati secara umum meliputi kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian, dilengkapi dengan kompetensi khas yaitu kompetensi profesional yang dibuktikan dengan kepemilikian sertifikat kompetensi keahlian. Karakteristik kompetensi baik secara umum dan khas tersebut sangat penting bagi guru produktif untuk dijadikan pegangan dalam melaksanakan pembelajaran produktif, 3). Pembelajaran produktif dengan model pengajaran langsung (direct instruction) yang dilaksanakan tahap demi tahap, memberikan kesempatan kepada peserta didik memiliki keterampilan (skill) sehingga mampu mandiri. Dengan demikian guru yang memiliki motivasi kerja yang tinggi dan didukung dengan kompetensi keahlian diharapkan mampu memberikan pembelajaran langsung (direct instruction) kepada peserta didik sehingga dengan keterampilan tersebut mereka dapat mengenal dunia kerja yang sesungguhnya untuk bekal kehidupannya di masa yang akan datang.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: motivasi kerja, kompetensi, pengajaran langsung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 17 Oct 2012 11:45
Last Modified: 24 Oct 2018 02:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20736

Actions (login required)

View Item View Item