WIYOTO, WIYOTO (2012) Pengelolaan Mutu Pembelajaran Di Madrasah Aliyah (Studi Situs Di Man 1 Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab 1)
2_BAB_I.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Bab 2)
3_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
||
PDF (Bab 3)
4_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
PDF (Bab 4)
5_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab 5)
6_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
PDF (Bab 6)
7_BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8_Daftar_Pustaka.pdf Download (17kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
9_LAMPIRAN.pdf Download (571kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
12_Naskah_Publikasi.pdf Download (645kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Perencanaan pengelolaan pembelajaran dalam mewujudkan mutu pembelajaran di madrasah aliyah, 2). Pelaksanaan pengelolaan pembelajaran dalam mewujudkan mutu pembelajaran di madrasah aliyah, 3). Evaluasi pengelolaan pembelajaran dalam mewujudkan mutu pembelajaran di madrasah aliyah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Informan penelitian adalah kepala dan guru MAN 1 Surakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi berperan, wawancara mendalam, dan pencatatan dokumen. Wawancara dan observasi untuk memperoleh data yang valid dan reliabel, sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data pelengkap. Analisis data penelitian menggunakan analisis interaktif model. Kesimpulan hasil penelitian adalah: (1). Perencanaan pengelolaan pembelajaran dalam mewujudkan mutu pembelajaran di MAN 1 Surakarta bercirikan: ketersediaan silabus, penyusunan rencana program pembelajaran yang dilakukan oleh guru mengacu pada silabus; perencanaan pengelolaan pembelajaran mengacu pada visi dan misi sekolah; adanya keterlibatan aktif guru dalam proses penyususnan program pengajaran; pembelajaran yang direncanakan adalah pembelajaran aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan; pembuatan sumber belajar secara interaktif dan kontektual dengan menggunakan media pembelajaran atau alat peraga yang dimodifikasi; adanya pertimbangan alokasi waktu dengan teknik penilaian berbasis kelas. (2). Pelaksanaan pengelolaan pembelajaran dalam mewujudkan mutu pembelajaran di MAN 1 Surakarta melalui kegiatan-kegiatan (rutin, kegiatan spontan, kegiatan teladan maupun kegiatan terprogram) dapat dilaksanakan dengan strategi pembelajaran yang bervariasi. Pada pelaksanaan pembelajaran, guru menggunakan pendekatan terpadu dan kontekstual untuk memberikan pengalaman langsung sehingga perubahan perilaku siswa dapat tereamati dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran di luar ruangan dilakukan dengan mengadakan kunjungan ke lapangan, berinteraksi dengan orang lain ternyata dapat membantu meningkatkan kompetensi siswa, karena dengan aktivitas tersebut siswa dihadapkan secara langsung pada kondisi yang sesungguhnya. (3). Evaluasi pengelolaan pembelajaran dalam mewujudkan mutu pembelajaran di MAN 1 Surakarta mencakup penilaian kognitif, sikap, dan perilaku melalui tes, observasi, dengan teknik unjuk kerja, maupun dengan penugasan. Melalui kegiatan evaluasi memperlihatkan kemampuan siswa dalam menyerap materi, perilaku siswa dalam keseharian dan sebagainya
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, mutu pembelajaran, madrasah aliyah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 17 Oct 2012 11:15 |
Last Modified: | 17 Oct 2012 11:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20734 |
Actions (login required)
View Item |