Pambudi , Joko Agus (2012) Pembinaan Kompetensi Sosial Dan Kompetensi Kepribadian Dalam Kerangka Profesionalisme Guru (Studi Situs Di Smk Negeri 9 Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Hal depan)
JUDUL.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (92kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
|
PDF (Dapus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (68kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan strategi pembinaan profesionalisme guru di SMK Negeri 9 Surakarta. (2) Mendeskripsikan pembinaan kompetensi sosial guru di SMK Negeri 9 Surakarta. (3) Mendeskripsikan pembinaan kompetensi kepribadian guru di SMK Negeri 9 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan desain etnografi. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 9 Surakarta, yang berlamat di Jl. Tarumanegara, Banyuanyar, Banjarsari, Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan mengkaji dokumen dan arsip. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan tiga prosedur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data atau kepercayaan terhadap data hasil penelitian yang dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian adalah: (1) Strategi pembinaan profesionalisme guru di SMK Negeri 9 Surakarta dibedakan 2 (dua) jenis, yaitu pembinaan internal dan pembinaan eksternal. Pembinaan internal merupakan tanggung jawab dari kepala sekolah yang diwakili oleh wakil kepala sekolah 3 bidang sarpras dan SDM. Sedangkan pembinaan eksternal dilakukan dalam wadah organisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran, terdiri dari ketua, bendahara, sekretaris, seksi akademik, seksi penyelenggara, dan anggota. (2) Strategi pembinaan kompetensi bidang sosial dilakukan oleh kepala sekolah dengan tujuan agar guru mampu beradaptasi dan mampu berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain. Strategi pembinaan dilakukan dengan memberikan motivasi agar guru aktif dalam mengikuti kegiatan keagamaan di masyarakat, dan memformalkan dalam bentuk surat tugas. (3) Pembinaan kompetensi kepribadian guru dilakukan oleh kepala sekolah dengan memberikan keteladanan dan contoh bagi guru, seperti misalnya pada upaya untuk meningkatkan kemantapan kepribadian guru, kepala sekolah menghimbau kepada guru agar guru selalu bertindak sesuai dengan norma hukum, bertindak sesuai dengan norma sosial, memiliki kebanggaan sebagai guru, dan memiliki konsistensi dalam bertindak sesuai dengan norma.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembinaan, profesionalisme guru, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 17 Oct 2012 11:05 |
Last Modified: | 17 Oct 2012 11:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20731 |
Actions (login required)
View Item |