Evaluasi Tingkat Kepatuhan Penggunaan Obat Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Instalasi Rawat Jalan RSUD Kabupaten Sukoharjo

Handayani, Iktiyas Budi (2012) Evaluasi Tingkat Kepatuhan Penggunaan Obat Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Instalasi Rawat Jalan RSUD Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (409kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (292kB)

Abstract

Diabetes mellitus merupakan penyakit menahun yang akan diderita seumur hidup sehingga diperlukan kepatuhan dalam pengelolaannya. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui tingkat kepatuhan penggunaan obat dan mengetahui faktor yang mempengaruhi kepatuhan penggunaan obat pada pasien DM tipe 2 di Instalasi Rawat Jalan RSUD Kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian ini berupa penelitian non eksperimental dengan metode deskriptif dan analitik cross sectional. Pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Sampel yang diambil 71 responden memenuhi kriteria inklusi. Pengukuran tingkat kepatuhan menggunakan Modified Morisky Scale (MMS) dianalisis dengan Case Management Adherence Guidelines (CMAG) dan diolah menggunakan SPSS statistics 17, 0 dengan analisis crosstabs dan regression. Hasil penelitian menunjukkan 11, 27% pasien tingkat kepatuhannya rendah, 14, 08% pasien tingkat kepatuhannya sedang dan 74, 65% pasien tingkat kepatuhannya tinggi. Hasil tersebut menunjukkan sebagian besar pasien DM tipe 2 di Instalasi Rawat Jalan RSUD Kabupaten Sukoharjo termasuk kategori tinggi. Untuk faktor yang mempengaruhi kepatuhan meliputi sistem kesehatan yaitu kepuasan pelayanan dokter dan tenaga kesehatan, informasi mengenai penyakit dan pengobatan penyakit pasien. Faktor terapi yaitu kompleksitas regimen pengobatan pasien. Faktor pasien yaitu sikap (rutin kontrol) pasien. Faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kepatuhan penggunaan obat adalah faktor pasien yaitu sikap.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepatuhan, diabetes mellitus tipe 2, MMS, CMAG
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Oct 2012 06:01
Last Modified: 15 Oct 2012 06:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20681

Actions (login required)

View Item View Item