Pengelolaan Pembelajaran Sejarah Berbasis Multimedia di SMA Negeri 1 Boja Kendal

Jumono, Jumono (2012) Pengelolaan Pembelajaran Sejarah Berbasis Multimedia di SMA Negeri 1 Boja Kendal. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (739kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab VI)
8._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (352kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) karakteristik aktivitas mengajar guru dalam pembelajaran sejarah berbasis multimedia ; (2) karakteristik materi pembelajaran sejarah berbasis multimedia; (3) karakteristik aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sejarah berbasis multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain etnogarfi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Boja. Nara sumber dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakteristik materi pembelajaran sejarah berbasis multimedia terdiri dari dua yaitu (a) sifat materi, yaitu bersifat kronologi sehingga dalam pengorganisasian materi pembelajaran didasarkan pada urutan kronologis peristiwa sejarah dan materi yang kompleksitasnya lebih tinggi menjadi materi sederhana dan mudah dipahami serta diimplementasikan. (b) penyajian materi pembelajaran yang dilakukan melalui media LCD dalam bentuk gambar, grafik, data, peta, bagan atau chart, paparan ataupun powerpoint, dan dalam bentuk film dokumenter sesuai dengan materi pembelajaran. Beberapa materi dapat diakses melalui blog dan website sekolah. Dengan pembelajaran berbasis media, Materi yang disajikan dapat menyederhanakan jalan pikiran peserta didik dalam memahami sejarah; (2) Aktivitas mengajar terdiri dari aktivitas sebelum mengajar dan pada saat pembelajaran. Aktivitas sebelum mengajar terdiri dari penyusunan RPP, mempersiapkan media, dan setting tempat pembelajaran, pembuatan bahan media pembelajaran dalam bentuk powerpoint dan sering memanfaatkan film dokumenter dalam menyampaikan materi pembelajaran. Aktivitas dalam pelaksanaan pembelajaran diantaranya penggunaan model pembelajaran koorepartif dengan metode ceramah tanya jawab, diskusi, dan penugasan. Aktivitas guru dalam dalam penggunaan media pembelajaran sejarah berbasis multimedia guru masuk dalam kategori ahli. Media yang sering digunakan adalah LCD dan internet. Guru memiliki kemampuan untuk mengoperasikan komputer dangan beberapa program yang dikuasai dan ketrampilan membuka jaringan internet; (3) Aktivitas belajar siswa dilakukan secara mandiri dan berkelompok. Aktivitas belajar siswa didorong untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi. Aktivitas belajar siswa banyak memanfaatkan teknologi, diantaranya adalah (a) aktivitas mendownload materi melalui website sekolah dan blog guru, (b) penulisan tugas dalam bentuk ketikan dan pengiriman tugas dalam softfile melalui email, (c) pemanfaatan internet sebagai sumber belajar, (d) kegiatan presantasi dengan menggunakan komputer dan LCD.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: sejarah, multimedia, materi, aktivitas mengajar, aktivitas belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 12 Oct 2012 11:38
Last Modified: 12 Oct 2012 12:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20673

Actions (login required)

View Item View Item