Pengelolaan Pembelajaran Sikap Demokratis Di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura

Chayati, Nur (2012) Pengelolaan Pembelajaran Sikap Demokratis Di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab VI)
09_BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
11_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (182kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Nilai-nilai demokrasi siswa yang dikembangkan di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura; 2) Strategi pembelajaran sikap demokratis di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura; 3) Faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pembelajaran sikap demokratis di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura, dengan jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan metode wawancara, metode observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis data interaktif dengan menggunakan tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasinya. Sedangkan untuk menguji keabsahan data digunakan metode triangulasi. Dari hasil wawancara yang digabungkan dengan hasil observasi dan dokumentasi, diperoleh hasil bahwa: 1) sikap demokrasi yang dikembangkan adalah sikap yang dilandasi nilai keterbukaan, nilai persamaan dan nilai kerjasama yang dilandasi prinsip saling menghargai; 2) Strategi pembelajaran sikap demokratis dilaksanakan dengan menciptakan situasi belajar yang demokratis, membiasakan berfikir kreatif dan terbuka serta keberanian berpendapat. Pelaksanaan strategi pembelajaran dalam mengembangkan nilai keterbukaan, nilai persamaan dan nilai kerjasama melalui strategi pembelajaran kontekstual, inkuiri dan strategi pembelajaran kooperatif. Evaluasi pembelajaran sikap demokratik dilaksanakan setelah proses pembelajaran dengan melihat perubahan tingkah laku menggambarkan sejauh mana nilai-nilai yang telah dikembangkan dapat diterima dan diterapkan oleh para siswa. Evaluasi dilaksanakan oleh guru BP dan semua guru mata pelajaran, dengan observasi yang intensif dan melalui pertanyaan langsung terhadap tanggapan siswa terhadap suatu kasus. Hasil penilaian dalam bentuk penyajian berupa penilaian kuantitatif (skor atau angka) dan berupa penilaian kualitatif berupa pernyataan verbal yang bersifat deskriptif; 3) Kendala dalam pembelajaran sikap demokratis adalah ketidaksiapan kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan perubahan pembelajaran dalam mengembangkan nilai-nilai demokratis, masih terbatasnya sarana dan prasarana serta kurangnya dukungan keluarga dan masyarakat dalam mengenalkan nilai-nilai demokrasi

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, sikap, demokrasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 12 Oct 2012 06:44
Last Modified: 12 Oct 2012 06:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20650

Actions (login required)

View Item View Item