Iriani, Tutik (2012) Kepemimpinan Guru Dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 6 Blora. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
cover_dan_perlengkapan.pdf Download (176kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_HASIL_PENELITIAN_DAN_TEMUAN_PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_PEMBAHASAN_DAN_TEORI_HASIL_PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepemimpinan guru sebagai, edukator, motivator dan evaluator dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 6 Blora. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara itu teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, sajian data dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini terdapat tiga hal yaitu guru sebagai edukator, motivator dan evaluator. Karakteristik kepemimpinan guru sebagai edukator dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 6 Blora adalah: a) pembelajaran mengacu pada kurikulum, b) menguasai materi ajar IPS, c) menyiapkan perangkat pembelajaran IPS, d) mampu menggunakan alat peraga dan media pembelajaran IPS, e) menciptakan interaksi pembelajaran IPS yang mudah dipahami siswa, f) mampu mengelola kelas dengan baik dan menyenangkan, f) mampu memberikan umpan balik yang positif terhadap respon siswa. Karakteristik kepemimpinan guru sebagai motivator dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 6 Blora adalah a) memperjelas tujuan pembelajaran IPS yang ingin dicapai, b) membangkitkan minat siswa dalam pembelajaran IPS, c) menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar, d) memberi pujian yang wajar terhadap setiap keberhasilan siswa, e) menciptakan persaingan dan kerja sama dalam pelaksanaan pembelajaran, f) menunjukkan minat dan anthusias yang tinggi dalam mengajar, g) memberikan harapan kepada siswa. Karakteristik kepemimpinan guru sebagai evaluator dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 6 Blora adalah a) berani mengambil keputusan dalam dalam menilai prestasi siswa, b) menetapkan kriteria ketuntasan minimal dalam pembelajaran IPS, c) mengkomunikasikan kriteria prosentase penilaian diawal semester, d) bertanggung jawab terhadap prestasi belajar siswa, e) memberikan penilaian kepada siswa, f) berani memberi komentar yang membangun terhadap hasil pekerjaan siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan, pembelajaran IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 11 Oct 2012 11:59 |
Last Modified: | 11 Oct 2012 12:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20637 |
Actions (login required)
View Item |