KONSEP DIRI REMAJA DALAM FACEBOOK (Etnografi Komunikasi Tentang Konsep Diri Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS Dalam Menggunakan Facebook )

LUTFIATI,, LUTFIATI, (2012) KONSEP DIRI REMAJA DALAM FACEBOOK (Etnografi Komunikasi Tentang Konsep Diri Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS Dalam Menggunakan Facebook ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (457kB)
[img] PDF (Bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] PDF (Bab 3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Dafpus)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
01._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasari dengan berkembangnya teknologi media sosial. Facebook adalah salah satu media sosial yang memiliki jutaan anggota di dunia. Facebook adalah wadah dimana orang bisa bertemu dan berkenalan satu sama lain. Facebook adalah media sosial yang sangat efektif untuk mempublikasikan seseorang di dunia. Tidak ada peraturan dalam menggunakan facebook, semua orang bebas membuat akun. Facebook sebagai media sosial yang bersifat virtual banyak memicu kontroversial seperti pemalsuan identitas, akun palsu, dan kriminalitas. Banyak kasus kriminal terjadi di Indonesia dikarenakan facebook. Facebook mempunyai beragam fitur seperti update status, wallpost, foto profil, info, teman dan security setting. Sebagai mahasiswa Komunikasi, semua mahasiswa mendapatkan bekal pengetahuan tentang media dan konsep diri. Inilah hal yang menjadi pertanyaan, sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi, bagaimana mereka menggunakan facebook dan membentuk konsep diri mereka dengan berbagai fitur dalam facebook? untuk dapat menjawab hal tersebut penelitian ini menggunakan metode etnografi komunikasi dimana pada metode ini penelitian difokuskan pada wawancara mendalam, partisipasi dan analisis data dalam facebook. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fitur yang dapat digunakan untuk membentuk konsep diri adalah : (1) update status sebagai bentuk publikasi diri (2) wallpost sebagai bentuk komunikasi dan eksistensi diri (3) foto dan nama profil sebagai identitas diri (4) profil info dan info sebagai deskripsi diri (5) teman sebagai khalayak pengguna dan (6) security setting sebagai ruang pribadi. Seluruh fitur tersebut adalah fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna facebook. Konsep diri dalam facebook dibentuk dengan sadar dan tidak sadar. Elemen dari konsep diri seperti orang lain, kelompok dan lingkungan, serta persepsi diri dapat ditemukan dalam facebook. Orang lain adalah teman dalam facebook, kelompok adalah group yang diikuti pengguna facebook, dan persepsi diri adalah status yang diperbaharui oleh pengguna facebook. Semua responden dalam penelitian menggunakan telepon pintar dimana mereka selalu terhubung dengan facebook selama 24 jam. Dalam hal ini ditemukan sebuah fenomena dimana facebook menjadi sebuah kebutuhan dengan berbagai macam alasan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsep diri dalam facebook dapat dianalisis melalui update status dan foto profil. Dari foto profil dapat diamati dari gesture, mimik wajah dan ekspresi pengguna facebook. Dari update status dapat diamati dari aktivitas, keberadaan, serta kata-kata yang menggambarkan emosional pengguna facebook. Dengan seluruh fitur dalam facebook dapat dianalisa konsep diri pengguna facebook

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Konsep Diri, Facebook, Remaja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2012 12:08
Last Modified: 30 Apr 2013 12:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20633

Actions (login required)

View Item View Item