STRATEGI KREATIF DALAM PRODUKSI IKLAN HERBAFARM (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Kreatif Biro Iklan Edyt Post Production dalam Membentuk Citra Obat Herbafarm yang dibuat dari Bahan Herbal Untuk Bersaing dengan Obat Kimia)

Laksmana, Okky Chandra (2012) STRATEGI KREATIF DALAM PRODUKSI IKLAN HERBAFARM (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Kreatif Biro Iklan Edyt Post Production dalam Membentuk Citra Obat Herbafarm yang dibuat dari Bahan Herbal Untuk Bersaing dengan Obat Kimia). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (861kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
3._BAB_1.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Bab 2)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] PDF (Bab 3)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)
[img] PDF (Bab 4)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Dafpus)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (598kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang Strategi Kreatif yang digunakan rumah produksi Edyt Post Production dalam menciptakan ide kreatif pembuatan iklan televisi tentang pupuk organik dari bahan herbal untuk bersaing dengan obat kimia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perumusan strategi kreatif yang digunakan oleh kreator dalam pembuatan iklan herbafarm, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam perumusan strategi kreatif tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan mencermati fenomena yang sedang berlangsung. Dalam penelitian ini data-data diambil berdasarkan perolehan dari keadaan, proses, kejadian, atau peristiwa yang dinyatakan dalam bentuk perkataan. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa strategi kreatif yang digunakan Edyt Post Production dalam menciptakan iklan tidak terlepas dari teori-teori periklanan berupa teori komunikasi dan teori lain dalam perumusan strategi kreatif iklan. Sedangkan unsur yang digunakan dalam pembuatan iklan adalah menggunakan model perbandingan. Kreator akan menciptakan iklan televisi selanjutnya dengan tema yang sama sesuai dengan tujuan panjang iklan. Naskah iklan yang dibuat sangat lugas dan sederhana agar petani dapat cepat memahami tentang iklan yang dibuat. Dengan penggunaan model perbandingan sesuai dengan hasil produksi di lapangan serta penggunaan tagline “Herbafarm mensejahterakan tanaman dan mensejahterakan petani” merupakan pertimbangan kreator, karena dengan menggunakan model perbandingan serta diakhir iklan dengan tagline tersebut diharapkan petani tertarik untuk memakai pupuk Herbafarm. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini bahwa konsep kreatif harus sesuai dengan produk. Hal ini berarti konsep iklan harus berkaitan dengan produk yang diiklankan. Dalam hal ini konsep kreatif perbandingan yang digunakan menjadi pembeda sekaligus memposisikan produk dalam benak konsumen. Konsep inilah yang digunakan oleh tim kreatif agar iklan yang ditampilkan benar-benar beda dengan iklan competitor dan menggunakan ide orisinil.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Strategi Kreatif, Rumah produksi Edyt Post Production
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2012 11:21
Last Modified: 11 Oct 2012 13:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20627

Actions (login required)

View Item View Item