Strategi Promosi Radio Republik Indonesia Surakarta (Penelitian Deskriptif Kualitatif Komunikasi Pemasaran)

SUNARDI, SUCI HATININGSIH (2012) Strategi Promosi Radio Republik Indonesia Surakarta (Penelitian Deskriptif Kualitatif Komunikasi Pemasaran). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (474kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (828kB)

Abstract

Radio merupakan media massa yang banyak diminati masyarakat sebagai media beriklan produk atau jasa. RRI Surakarta merupakan radio yang memiliki beberapa kelebihan antara lain: penetrasi cepat, murah, jaringan luas dan bersifat personal. Dalam undang-undang penyiaran pasal 15 ayat 1 tentang sember dana lembaga public berasal dari: iuran penyiaran, Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah(APBD) dan siaran iklan. Undang-undang tersebut menjadi pedoman bahwa RRI Surakarta tidak terdapat larangan untuk menyediakan jasa siaran iklan komersial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang diterapkan RRI Surakarta dalam mendapatkan calon pengiklan. Apakah strategi yang digunakan sesuai dengan teori pemasaran yang ada atau malah sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang menggambarkan fenomena tertentu. Riset bersifat subyektif yaitu dengan melakukan wawancara, observasi dan mencari sumber data. Lokasi penelitian dilakukan di instansi pemerintah yaitu bagian Marketing Radio Republik Indonesia Surakarta. Sampel dari penelitian ini ada 8 orang yang terdiri dari 6 staf karyawan RRI Surakarta dan 2 pengiklan. Teknik pemilihan informan dengan purposive sampling yaitu memilih informan yang menguasai obyek yang diteliti yaitu staf karyawan dan pengiklan. Pengiklan dipilih penulis untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan. Berdasarkan hasil penelitian, RRI Surakarta telah melakukan aktivitas pemasaran secara baik meskipun belum maksimal. Adapun aktivitas pemasaran yang dilakukan RRI Surakarta antara lain: personal selling meliputi presentasi penjualan oleh staf karyawan RRI Surakarta kepada calon konsumen. Periklanan meliputi pembuatan brosur dan leaflet, pemasangan logo dan bekerjasama dengan media massa. Publisitas meliputi kegiatan sosial seperti sumbangan bencana dan tenda publik bagi masyarakat pemudik, peringatan peristiwa penting, partisipasi, hubungan masyarakat, layanan masyarakat, green radio dan bintang radio. Promosi penjualan berupa sponsorship, event dan hiburan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Promosi, Pemasaran, iklan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 11 Oct 2012 11:15
Last Modified: 11 Oct 2012 13:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20626

Actions (login required)

View Item View Item